Pemanas air listrik kamar mandi

Ingin Pengalaman Mandi yang Lebih Menyenangkan? Inilah Rekomendasi Electric Water Heater yang Cocok untuk Anda

 

Ada banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan badan kita, salah satunya adalah dengan mandi. Untuk sebagian orang, aktivitas mandi terkadang bukan hanya sekedar untuk membersihkan tubuh dari kotoran saja. Mandi bisa menjadi salah satu kegiatan yang membuat aktivitas harian menjadi lebih baik.

 

Saat musim penghujan datang atau bagi Anda yang tinggal di tempat yang dingin, suhu air yang begitu dingin membuat Anda menjadi malas mandi. Padahal mandi sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Salah satu solusinya yaitu mandi menggunakan air hangat.

 

Saat Anda bermalam di hotel atau tempat penginapan lainnya, salah satu fasilitas yang telah disediakan yaitu water heater, yang bisa membuat Anda dapat mandi dengan air hangat dengan mudah dan cepat. Anda juga bisa menggunakan water heater saat di rumah.Tentu saja tidak bisa dipungkiri lagi bahwa salah satu cara mandi yang paling banyak disukai oleh orang-orang adalah dengan menggunakan air hangat.

 

Berbicara tentang mandi dengan air hangat, mungkin bagi sebagian orang untuk menyiapkan air hangat adalah kegiatan yang sangat merepotkan karena harus merebus airnya dahulu. Namun, pada saat ini kita tidak perlu mengkhawatirkannya lagi, sekarang banyak perusahaan yang membuat berbagai jenis pemanas air dalam kamar mandi.

 

Sebenarnya, semua teknologi pemanas air ini mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk memanaskan air. Salah satu hal utama yang membedakan diantara berbagai banyaknya jenis water heater adalah sumber energi yang digunakan untuk timbulnya panas yang akan digunakan. Jika pada saat ini Anda mungkin berencana untuk  memasang water heater atau pemanas air dikamar mandi, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu macam-macam jenis pemanas air yang ada agar bisa sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

 

 

Berbagai Macam Jenis Pemanas Air yang Cocok Dipasang Di Kamar Mandi

Water Heater adalah sebuah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang membutuhkan energi sebagai sumber pemanasnya. Sekarang ini water heater sudah semakin berkembang dan banyak sekali sistem yang dipakai serta bahan baku yang semakin baik dari ke hari. Hal ini tentu saja demi kepuasan para konsumen yang mengharapkan water heater terbaik untuk mereka.

 

Sebelum mengambil keputusan untuk membeli water heater, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis alat pemanas air, sebagai referensi bagi Anda sehingga nantinya Anda bisa memilih water heater dengan tepat, baik dari sisi ekonomis maupun fungsi. Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit tentang tipe – tipe water heater yang beredar di sekitar masyarakat saat ini.

 

  • Electric Water Heater

Electric Water Heater adalah teknologi canggih dari sebuah alat pemanas air yang memanfaatkan sumber energi listrik untuk menghasilkan energi panas yang bisa digunakan untuk memanaskan air. Memiliki prinsip dasar yang sama seperti setrika listrik, hair dryer dan alat listrik lainnya yang bisa menghasilkan panas.

Salah satu kecemasan dalam penggunaan Electric Water Heater adalah terjadinya kecelakaan akibat kesetrum. Sebenarnya pada semua pemanas air listrik selalu dilengkapi dengan pengaman yang gunanya memutus aliran listrik jika nantinya terjadi korsleting maupun kesetrum.

  • Portable Water Heater

Ini merupakan salah satu jenis pemanas air yang bisa dibawa kemana-mana. Masih tetap memanfaatkan sumber energi listrik untuk menghasilkan panas. Cara kerjanya yaitu komponennya dimasukkan ke dalam ember yang berisi air dan tentu saja harganya relatif lebih murah.

 

Sebetulnya perangkat elektronik utama di dalam pemanas air listrik sama saja, namun  setelah di-packing sedemikian rupa, ditambahkan dengan tangki penyimpan air yang kedap suhu dengan berbagai tingkat kualitas harganya menjadi mahal. Jika kendala utama Anda adalah di masalah harga, maka pilihan menggunakan Portable Water Heater cukup murah meriah adalah pilihan yang tepat.

  • Solar Water Heater

Solar Water Heater merupakan pemanas air yang memanfaatkan energi matahari yang gratis. Cara kerjanya sangatlah sederhana yaitu, air dingin yang mengalir langsung dipanaskan matahari di kolektor lalu di simpan di tangki sampai akhirnya dipergunakan.

 

Untuk pemasangan pemanas air jenis ini nyaris tanpa perawatan dan tidak perlu keluar biaya operasional apapun lagi karena cukup hanya dengan  disinari matahari saja. Kekurangan utama alat pemanas jenis ini yaitu karena harganya yang mahal dan alat ini perlu dipasang di tempat yang tinggi, tidak terhalang bangunan maupun pohon agar bisa menerima paparan sinar matahari secara langsung dan maksimal.

  • Gas Water Heater

Gas Water Heater merupakan alat pemanas air yang mengandalkan energi dari pembakaran gas elpiji. Gas water heater mempunyai ciri-ciri bentuk nya persegi yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Selain karena biaya pemakaian yang relatif murah, keunggulan lain dari pemanas air gas ini yaitu air panas yang tersedia nyaris instant hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Pemakaian alat pemanas jenis ini di kamar mandi yang tertutup rapat sangatlah tidak dianjurkan, karena bisa membahayakan penggunanya.

  • Air Conditioning Water Heater (ACWH)

Alat pemanas air ini mengandalkan energi dari suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Pemanas air jenis ini tidak memiliki bentuk yang spesifik selain dari satu tangki penyimpan air panas seperti yang terdapat pada jenis pemanas air yang lain.

Salah satu kekurangan utama dari alat pemanas jenis ini yaitu belum adanya produk yang “siap untuk digunakan”. Kita perlu merakitnya sendiri dan menghubungkannya dengan AC yang telah ada.

  • Heat Pump Water Heater

Heat Pump Water Heater atau yang sering dikenal dengan pompa kalor merupakan alat pemanas air yang mengandalkan suhu dari freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Pada saat proses pemanasan heat pump ini sangat efisien karena listrik diperlukan hanya untuk kompresor saja.

  • Boiler Water Heater

Boiler Water Heater merupakan salah satu alat pemanas air yang mengandalkan energi dari solar, banyak digunakan untuk kebutuhan air panas dengan kapasitas besar. Air panas yang dihasilkan kebanyakan digunakan untuk proses industri dan banyak digunakan di pabrik – pabrik yang membutuhkan air panas dengan suhu tinggi.

 

  • Solar Rubber Pool Heating

Jenis heater kolam renang yang bisa anda gunakan selanjutnya yaitu solar rubber pool heating. Water Heater ini bisa bekerja dengan cara memanfaatkan sumber energi matahari dalam memanaskan air kolam renang. Untuk sistem pemanasan ini tidak memakai tangki ataupun penampungan. Justru kolam renang itu sendirilah yang digunakan sebagai tangki penampungan dan sirkulasi langsung.

 

Rekomendasi Pemanas Air Listrik Terbaik untuk Kamar Mandi

Tidak ada rasa yang lebih nikmat dibandingkan ketika Anda mandi menggunakan  air panas selepas pulang dari kantor. Daripada repot-repot merebus air, Anda bisa menggunakan water heater listrik untuk menghemat waktu. Dengan beragamnya tipe water heater listrik yang ada di pasaran, Anda mungkin kebingungan untuk memilih produk yang terbaik.Oleh karena itu, Saya akan merekomendasikan water heater listrik yang cocok digunakan di kamar mandi berdasarkan fitur dan kebutuhan rumah tangga Anda.

  • Water Heater LYDOS HYBRID dari Ariston

Dengan mencapai 50% penghematan energi dibandingkan dengan standar pemanas air listrik yang paling efisien di kelas B juga dilengkapi dengan Hybrid Intelligence terbaru dan eksklusif yang menggabungkan listrik dengan sistem energi alat pompa panas yang terbarukan dan secara efisien untuk beradaptasi dengan kebiasaan Anda.

 

  • Solterra PV System dari Handal Solar Water Heater by Solahart

Solar panel water heater terobosan masa depan, untuk energi yang lebih ramah lingkungan dan investasi yang sangat aman. Dengan biaya kWh energi surya yang sudah sebanding dengan tarif utilitas saat ini, karena tarif listrik yang akan terus meningkat di masa depan.

 

Dengan kapasitas air 55 liter, Preset Temperature 60°C, Heating Element Input 500 W, Empty Tank Weight 25 kg, dan Operation Tank Weight 80 kg menjadikan electric water heater satu ini menjadi solusi terbaik yang menjawab kebutuhan air panas untuk penghuni apartemen dan tempat tinggal Anda.

 

  • EWH 30 Liter dari Wika water heater

Pemanas air yang menggunakan tenaga listrik dengan sistem manajemen energi yang dapat menjamin ketersediaan air panas dengan daya rendah, cepat dan lebih hemat energi.

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi electric water heater dari beberapa merk terkenal. Anda bisa mempertimbangkan,electric water heater mana yang paling cocok untuk dipasang di rumah Anda. Meskipun harga dan spesifikasi barang hampir sama, namun terkadang ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara merk satu dengan yang lain. Anda perlu mencari referensi tambahan yang terkait dengan kualitas dari masing-masing merk, yang bisa Anda dapatkan dari penjual atau orang-orang di sekitar Anda. Demikian yang bisa Saya jelaskan semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *