Apa Itu UX Design Dan Apa Bedanya dengan UI Design?

Bisnis yang berbasis aplikasi semakin marak bermunculan. Dalam membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan tampilan yang menarik, peran UX design dan UI design sangat penting. Lalu, apa itu UX dan UI design dan perannya dalam sebuah aplikasi?

Pengertian dari UX Design dan UI Design serta Perbedaannya

User Experience (UX) design yaitu proses membuat suatu aplikasi atau situs melalui user experience (pendekatan pengguna). Melalui pendekatan ini, sistem yang dibuat akan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan user. Sistem dengan UX design yang baik akan membuat pengguna nyaman ketika menggunakannya.

Sementara, User Interface (UI) design adalah bagian dari UX yang mengurus bagian tampilan dan visual sebuah sistem. UI design bertujuan untuk memperindah tampilan agar pengguna lebih puas dan sistem itu sendiri terlihat unik dan menarik.

Perbedaan UX dan UI

Terdapat berbedaan lain antara UX design dan UI design yang bisa membuat Anda lebih paham tentang keduanya. Meskipun saling berhubungan, UX dan UI tetap berbeda dan tidak bisa disamakan.

  1. Tujuan

Tujuan UX untuk membuat sebuah sistem lebih mudah digunakan oleh penggunanya. Sedangkan tujuan UI yaitu menampilkan desain interface dengan keseragaman dan konsistensi yang baik, mulai dari warna, font, gambar, video animasi dan lainnya.

  1. Cakupan

Dalam hal fungsi, cakupan UX design lebih luas dibanding UI design. Pembuatan UX design akan didasarkan riset mengenai kebiasaan dan preferensi pengguna. Hasil riset tersebut akan diimplementasikan dalam UX design. Agar tampilan sistem lebih bagus dan nyaman, riset tersebut juga akan menjadi acuan dalam pembuatan UI design.

  1. Komponen Desain

Komponen desain UX mencakup hampir seluruh komponen yang ada dalam sebuah sistem, mulai dari berbagai fitur, navigasi, struktur desain, dan termasuk tampilan interface. Sementara, komponen UI yaitu berupa keindahan tampilan sistem, seperti gambar, warna, buttons, video animasi dan komponen visual lainnya.

Bagaimana, sudah jelas bukan pengertian tentang UX design dan perbedaannya dengan UI design? UX dan UI designer semakin dibutuhkan di dunia pekerjaan saat ini dan ke depannya. Akan menjadi peluang yang bagus jika Anda tertarik dalam bidang UX atau UI dan mendalaminya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *