Cara Merawat Kulit Wajah Yang Baik & Benar

Kondisi dan tampilan kulit wajah bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, misalnya pertambahan usia, lingkungan, syarat medis tertentu, dan cara merawat kulit wajah yang Anda lakukan.

Merawat kulit wajah menggunakan cara yang benar bisa mencegah timbulnya berbagai masalah kulit, misalnya kulit kusam, jerawat, noda hitam, keriput, & garis halus. Dengan kulit wajah bersih, awet muda, & cerah berseri, Anda mampu tampil dengan lebih percaya diri. Anda bisa menggunakan produk Melilea Indonesia yang dapat membantu anda merawat Kesehatan kulit wajah, yaitu Melilea Skincare.

Panduan Merawat Kulit Wajah yg Benar

Tampilan kulit bisa mencerminkan kondisi kesehatan tubuh Anda. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda mampu mencoba melakukan perawatan kulit wajah pada rumah dengan mengikuti beberapa panduan berikut ini:

 1. Gunakan sabun pembersih muka sinkron jenis kulit

Tidak seluruh orang mempunyai jenis kulit wajah yg sama. Ada yang memiliki jenis kulit normal, kemarau, berminyak, sensitif, atau kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Berbeda jenis kulit, tidak sama juga jenis produk perawatan yg cocok dipakai.

Misalnya, bagi orang yg mempunyai kulit kemarau dan sensitif, disarankan menentukan produk sabun pembersih muka berbahan kimia lembut dengan kandungan yg dapat melembapkan kulit, serta nir mengandung alkohol dan wewangian.

Sementara itu, pemilik kulit berminyak disarankan buat menggunakan pembersih muka berbahan dasar lembut yang bisa melembapkan wajah tanpa menciptakan kulit wajah berminyak, contohnya pembersih wajah yg mengandung gliserin.

Lantaran rentan mengalami komedo & jerawat, orang yg mempunyai tipe kulit berminyak juga disarankan buat memilih produk perawatan kulit atau make up yg berlabel noncomedogenic supaya nir menyebabkan penyumbatan dalam pori-pori.

 2. Bersihkan wajah secara rutin

Salah satu cara merawat kulit wajah yang paling sederhana adalah rutin membersihkan wajah. Agar wajah permanen bersih, Anda perlu mencuci wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Membersihkan wajah dalam pagi hari bertujuan buat menghilangkan kotoran dan bakteri yg mungkin melekat pada wajah saat tidur. Menjelang tidur, wajah juga perlu dibersihkan dari make up, debu, & polusi yang melekat di wajah selama Anda beraktivitas di luar rumah.  Jika perlu, bersihkan wajah setiap kali selesai melakukan kegiatan yang mengakibatkan Anda poly berkeringat, misalnya setelah berolahraga. Hal ini lantaran keringat dan minyak berlebih dalam wajah bisa menyumbat pori-pori kulit wajah, sebagai akibatnya memicu munculnya komedo & jerawat.

3. Bersihkan wajah menggunakan cara yang benar

Selain dilakukan secara rutin, cara membersihkan wajah pula perlu dilakukan menggunakan benar. Untuk membersihkan wajah, awali dengan membasuh wajah memakai air hangat.

Selanjutnya, gunakan sabun cuci muka & mulailah membersihkan wajah menggunakan melakukan pijatan lembut secara melingkar memakai ujung jari. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air, lalu keringkan dengan cara menepuk wajah secara perlahan menggunakan handuk higienis.

Jika perlu, Anda pula mampu mencoba memebersihkan wajah dengan teknik double cleansing.

Memakai pelembab juga sebagai bagian penting dari cara merawat kulit wajah. Pelembap wajah usahakan digunakan sesudah mencuci muka. Hal ini dilakukan buat menjaga kelembapan alami kulit wajah.

Tetapi, Anda perlu memilih pelembab sinkron menggunakan jenis kulit. apabila Anda memiliki kulit berjerawat dan berminyak, pilihlah pelembap berbahan dasar air & bebas kandungan minyak.

Pelembab wajah yang baik umumnya mengandung bahan-bahan yang berfungsi buat mengembalikan struktur & kelembapan alami kulit wajah, menjaga ekuilibrium pH kulit, mengurangi impak radikal bebas, & memperbaiki kerusakan sel-sel & jaringan kulit.

Beberapa bahan yg efektif buat melembapkan kulit antara lain gliserol, ceramide, dan niacinamide. Anda pula memakai pelembab berdasarkan bahan alami, misalnya alpukat, minyak kelapa, atau minyak zaitun, menjadi pelembap alami kulit wajah.

Penggunaan tabir mentaribermanfaat buat melindungi kulit berdasarkan paparan sinar UV yang bisa mengakibatkan perubahan warna kulit dan kanker kulit, serta memicu keluarnya bintik atau flek dalam wajah & keriput.

Saat memakai tabir matahari, Anda disarankan menentukan tabir surya spesifik buat wajah dengan SPF 30 & pakai setiap hari meski cuaca sedang nir panas sekalipun. Penggunaan tabir matahari perlu diulang setiap 2 jam sekali atau lebih tak jarang waktu Anda sedang beraktivitas pada bawah terik surya.

Tak hanya memakai tabir mentari , Anda juga perlu mengenakan sandang lengan panjang, celana panjang, kacamata hitam, dan topi lebar, ketika beraktivitas pada luar ruangan. Selain itu, hindari pula paparan sinar mentaripribadi dalam pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Cara merawat kulit wajah yang benar tidak hanya dilakukan berdasarkan luar, akan tetapi juga menurut pada tubuh. Caranya adalah dengan menjalani pola hidup sehat, yaitu dengan konsumsi kuliner bergizi seimbang dan batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat relatif, kelola stres, dan berhenti merokok & konsumsi arak.

Hal terpenting menurut cara merawat kulit wajah adalah melakukannya secara rutin. Setiap perawatan membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten agar output yg dicapai lebih maksimal . Oleh karena itu, jangan lupa buat melakukan perawatan kulit wajah menjadi bagian berdasarkan rutinitas Anda sehari-hari.

Jika Anda memiliki perkara dengan kulit wajah, seperti jerawat yang parah atau bekas luka di wajah, usahakan konsultasikan perkara tersebut ke dokter kulit. Untuk mengatasi perkara pada kulit dan merawat kulit wajah, dokter dapat menaruh penanganan dan melakukan mekanisme perawatan kulit sesuai kondisi dan tipe kulit Anda.