Kenalilah Beda Espresso dan Americano Jangan Sampai Salah

Kenalilah Beda Espresso dan Americano Jangan Sampai Salah

Walaupun sajian tradisional ini tampaknya selalu ada di cafe kopi, namun masih banyak yang belum mengetahui dengan jelas beda espresso dan americano. Padahal, biasanya jika pencintanya mencari minuman yang hitam, pekat dengan rasa yang kuat. keduanya akan ditawarkan.

Mengenal Beda Espresso dan Americano.

Banyak yang masih mengira bahwa beda espresso dan americano.hanyalah sekedar dari jumlah sajiannya saja. Walaupun sebenarnya anggapan tersebut tidaklah salah. Karenanya memang itulah yang terlihat mencolok. Namun, masih ada penjelasan detailnya. Jangan sampai terlewatkan ya.

Apa Itu Espresso?

Sajian berbahan baku ekstrak kopi ini berasal dari Italia. Konsistensinya kental, hitam, dan pekat. Disertai dengan tingkat kepahitan yang tidak semua orang memiliki toleransi yang sama. Karena merupakan ekstraksi, maka biasanya minuman ini disajikan dalam gelas kecil, yang biasa dikenal juga dengan one shot. Jumlah cairan yang akan Anda nikmati hanya sebanyak 30 ml saja.

Namun, dengan volumenya yang “hanya” segitu, bukan berarti Anda menikmatinya dengan sekali tenggak. Melainkan dengan meneguknya perlahan. Pasalnya tadi, rasanya begitu kuat yang mungkin membuat pangkal lidah mengidentifikasinya dengan kepahitan.

Kadar kafein dalam one shot espresso adalah sebesar 68 mg per 30 ml. Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang tidak kuat untuk mengkonsumsinya. Pasalnya, rasanya begitu pahit, khas sekali kopi. Barista akan menyajikannya begitu saja tanpa gula. Jadi, jangan berharap Anda akan mengkonsumsinya dengan cita rasa manis.

Apa Itu Americano

Lain lagi dengan americano. Sajian ini didapat dengan mengencerkan sejumlah espresso dengan air panas. Dengan demikian, semua konsistensinya akan berubah. Karakteristik minuman ini adalah lebih encer, rasanya tidak terlalu kuat dengan kadar kepahitan yang jauh menurun. Namun, bukan berarti kenikmatannya berkurang.

Anehnya, walaupun ada penambahan air, kepahitannya tidak jauh berbeda dengan espresso. Kendati demikian, lebih banyak penikmat kopi yang cocok dengan americano, karena rasanya yang tidak terlalu pahit. Lagi pula, sajiannya pun lebih banyak dibandingkan dengan espresso yang hanya 30 ml.

Kadar kafeinnya yang terkandung dalam satu sajian americano tergantung dari banyaknya espresso yang digunakan sebagai bahan dasar. JIka hanya menggunakan one shot espresso, maka dalam satu cangkirnya kan mengandung 68 mg kafen. Jika menggunakan dua, tinggal menggunakannya saja, yaitu sebanyak 126 mg.

BIasanya, terdapat pilihan sajian untuk americano. Anda dapat meminta adanya tambahan gula yang akan disajikan terpisah. Kadang juga barista akan menambahkan krim untuk menaikan rasanya. Semuanya pilihan ini dapat Anda peroleh.

Untuk mendapatkan secangkir americano berukuran 120 ml, Anda membutuhkan one shot espresso. Karena pada umumnya perbandingan keduanya adalah 1 bagian espresso dengan 4 air panas. Kendati demikian, kenikmatan kopi yang sesungguhnya akan tetap tercecap..

Sekarang Anda mampu mengenal dengan baik, beda espresso dan americano kan? Jangan sampai salah persepsi lagi, jika nanti ditawarkan kembali kedua jenis sajian ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *