5 Alasan Kenapa Tokopedia Paylater Tidak Bisa Digunakan

Belanja Online Makin Mudah dengan Tokopedia Paylater

Udah punya akun paylater Tokopedia, tapi tiba-tiba nggak bisa dipake? Bingung, kira-kira, kenapa ya Tokopedia paylater tidak bisa digunakan?

Tenang, nggak perlu khawatir. Untuk layanan yang berbasis digital, akun yang error dan nggak bisa digunakan cenderung kerap terjadi. Biasanya alasannya bermacam-macam. Mulai dari kendala jaringan, pembaruan aplikasi, sampai syarat dan ketentuan yang harus dipahami pengguna sebelum menggunakan layanannya.

Poin ketiga biasanya menjadi poin yang kerap diabaikan pengguna. Akun paylater umumnya menerapkan syarat dan ketentuan transaksi agar transaksi bisa dilakukan. Misalnya, limit harus sekian ratus ribu. Oleh karena itu, sebagai pengguna layanan digital, kita perlu rajin mencari informasi dan membaca hal-hal sejenis ini supaya transaksinya lancar.

Biasanya, ada 5 alasan utama kenapa layanan paylater tidak bisa digunakan, yaitu:

 

Aplikasi paylater belum bekerja sama dengan Tokopedia

Sejauh ini, Kredivo, Indodana, Home Credit, dan Ceria adalah 4 fintech paylater yang sudah menjadi mitra Tokopedia. Ini artinya, kamu harus memilih dan menjadi pengguna dari salah satu fintech tersebut untuk bisa bertransaksi di Tokopedia dengan cara cicilan tanpa kartu kredit atau paylater. Apabila kamu memiliki akun paylater di luar daripada yang bermitra dengan Tokopedia, otomatis kamu tidak akan bisa bertransaksi.

Untuk kamu yang belum punya akun paylater dan baru ingin mendaftar, keempat fintech tersebut memiliki syarat masing-masing yang harus dipenuhi agar pendaftaranmu bisa disetujui. Salah satu contohnya Kredivo. Jika kamu ingin mendaftar akun Kredivo, kamu wajib memenuhi tiga syarat ini:

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun.
  2. Punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengakses Google Play Store atau App Store untuk mengunduh aplikasi Kredivo dan mendaftar. Sebagai informasi, jika ingin mendapat limit lebih besar, pastikan kamu memilih daftar sebagai akun Premium. Kamu akan berkesempatan mendapatkan limit maksimal sampai dengan Rp 30 juta.

 

Jumlah belanja tidak memenuhi syarat transaksi

Alasan kedua yang kerap terjadi ketika Tokopedia paylater tidak bisa digunakan adalah biasanya syarat belanjanya tidak memenuhi syarat. Misalnya kamu adalah pengguna Kredivo, maka kamu perlu tahu bahwa kamu harus bertransaksi minimal 500 ribu jika ingin menggunakan opsi cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.

Sementara itu, jika kamu belanja dalam jumlah kecil atau di bawah 500 ribu, opsi pembayaran yang tersedia dengan Kredivo adalah bayar dalam 30 hari tanpa dikenakan bunga. Peraturan seperti inilah yang perlu diketahui oleh pengguna paylater agar transaksi bisa berjalan lancar.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek apakah seller pilihanmu mengaktifkan metode pembayaran dengan paylater? Sebab, bisa jadi, seller tidak mengaktifkan metode tersebut sehingga kamu tidak bisa menggunakan paylater di Tokopedia.

 

Limit tidak cukup

Kalau yang kedua karena belanjanya belum memenuhi syarat, nah yang ketiga ini, bisa jadi kamu belanja terlalu banyak. Sama halnya dengan kartu kredit, layanan paylater juga memiliki limit yang harus kamu ketahui. Ketika pendaftaran akun paylatermu disetujui, kamu akan menerima sejumlah limit. Nah, limit tersebut adalah batasmu untuk bisa bertransaksi.

Misalnya, di Kredivo kamu mendapat limit Rp 10 juta, artinya jangan sampai barang yang kamu beli atau jumlah transaksi yang kamu lakukan totalnya melebihi Rp 10 juta. Selain akan otomatis ditolak, limit yang dipakai habis juga bisa menjadi beban keuangan, lho. Jadi, penggunaan paylater juga perlu bijak, ya.

 

Ada transaksi menunggak

Kadang-kadang, karena paylater mengizinkan kita untuk bertransaksi dalam jumlah kecil seperti Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu, bisa jadi ada tagihan yang lupa atau terlewat dibayarkan. Meski jumlahnya kecil, hal ini bisa membuat akun dibekukan atau kita jadi nggak bisa bertransaksi.

Kalau kamu mengalami kendala ketika menggunakan paylater, coba cek lagi jumlah tagihanmu. Apakah ada yang tanggal jatuh temponya sudah terlewat dan lupa dibayar? Jika ya, maka segera hubungi CS dan lunasi pembayarannya agar akunmu bisa diaktifkan kembali, ya.

 

Error pada sistem atau harus menggunakan aplikasi terbaru

Salah satu kelemahan layanan berbasis digital seperti paylater adalah ketergantungan pada sistem, jaringan, dan platform. Nggak jarang, transaksi juga hanya bisa dilakukan di aplikasi versi terbaru.

Jika mengalami kendala, kamu juga bisa mengecek hal ini. Cek kembali apakah aplikasi Tokopedia atau paylater yang kamu gunakan sudah yang terbaru? Apakah ada maintenance yang dilakukan kedua pihak? Jika ya, maka mau tidak mau kamu harus menunggu hingga proses perbaikan selesai agar bisa bertransaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *