Paper Straw, Alternatif Pengganti Sedotan Plastik

Paper Straw, Alternatif Pengganti Sedotan Plastik

Paper straw merupakan salah satu kampanye peduli lingkungan hidup dengan menggantikan penggunaan sedotan plastik dengan yang terbuat dari kertas. Alasannya sungguh sederhana, karena material plastik sangat sulit untuk diuraikan.

Sedotan plastik merupakan produk yang ringan dan fleksibel, tembus cahaya, dan mudah untuk dibentuk. Karena material pembuatnyalah, sedotan ini juga mudah meleleh jika terbakar.

Penggunaannya didominasi dengan cairan. oleh karenanya produk ini juga termasuk tahan air, dan tidak mudah rusak karena terpaan suhu cairan.Sayangnya, produk ini tetap membawa sifat asali bahan pembuatnya sehingga amat sulit didegradasi oleh mikroba pengurai, hingga waktu puluhan tahun pun tidak akan mampu menghancurkannya.

Paper Straw Sebagai Pengganti Sedotan Plastik

Paper straw merupakan salah satu produk pengganti sedotan plastik selain yang terbuat dari logam. Terbuat dari kertas sehingga memiliki sifat mudah diuraikan oleh mikroba penghancur jika terpendam tanah.

Mungkin kemudian banyak yang bertanya, mengapa bahan kertas dijadikan sedotan yang notabene akan langsung bersentuhan dengan air? Sementara sifat kertas adalah menyerap air. Apakah kemudian tidak akan merusaknya?

Anda tidak perlu khawatir dengan pertanyaan tersebut. Karena produsen sudah mempertimbangkannay dengan baik. Biasanya sedotan kertas menggunakan kertas yang agak tebal kemudian melapisinya dengan lapisan tahan air, sehingga lebih kuat jika bersentuhan langsung dengan cairan

Penggunaan pun kini meluas, tidak hanya berfungsi sebagai sedotan minuman atau cairan lainnya, tetapi juga sebagai hiasan makanan, misalnya cup cake atau tart. Bisa jadi hal ini di mulia karena sedotan kertas diproduksi dengan warna yang menarik serta memiliki kualitas food grade.

Penggunaan sedotan kertas ini juga tidak hanya dimanfaatkan pada gerai-gerai makanan, tetapi kini juga sudah merupakan pilihan terbaik pada pesta atau acara keluarga. Lalu, jenis sedotan apa yang sebaiknya digunakan untuk memeriahkannya?

Ketahanan Sedotan Terhadap Air

Walaupun sedotan ini terbuat dari kertas tetapi memiliki pelapisan yang melindunginya, sehingga tidak mudah rusak ketika terkena cairan. Terutama saat merendamnya dalam minuman.

Namun, tidak ada salahnya ketika akan menggunakan mencobanya terlebih dahulu. Caranya mudah, rendam sedotan kertas ke dalam cairan yang hendak Anda hidangkan pada pesta tersebut. Antara alain, lemon squash, sirup, atau yang lainnya. Perhatikanlah berapa lama sedotan itu bertahan.

Warna Minuman atau Cairan

Pilihlah sedotan yang memiliki warna menarik hingga terlintas kontra dengan minuman yang Anda hidangkan, terutama jika pesta keluarga dan anak-anak. Sehingga hidangan tersebut akan tampak lebih menarik.

Sesuaikan Desain Sedotan Kertas Dengan Tema Pesta

Jika pesta tersebut melibatkan anak-anak, akan lebih menyenangkan jika ANda memilih desain yang ceria dan bertemakan kegembiraan. Antara lain memiliki gambar kartun kesayangan empunya pesta atau ilustrasi yang menarik lainnya, misalkan balon, dan bunga.

Pada prinsipnya penggunaan paper straw merupakan salah satu bentuk menjaga lingkungan hidup. Memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan sedotan plastik, tetapi dampak yang dihasilkan luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *