Cara Mencuci AC Secara Tepat Langkah Demi Langkah

Membersihkan atau cuci AC akan memberikan banyak dampak positif. Untuk beberapa dampak positif tersebut adalah AC akan lebih awet dan juga udara di dalam ruangan tetap terjaga. Satu hal yang harus anda ketahui bahwa kebersihan dari AC juga memberikan pengaruh terhadap daya listrik. Sehingga, ketika AC keadaan kotor maka untuk daya listrik yang dibutuhkan semakin boros.

Pada saat anda tidak membersihkan AC secara rutin maka untuk kotoran, debu, jamur dan bakteri akan semakin menumpuk. Maka dari, itu anda bisa membuat ventilasi maupun filter agar AC berjalan secara optimal.

Langkah-Langkah Cuci AC

Untuk melakukan pencucian AC tentunya harus memperhatikan beberapa langkah yang benar. Bahkan, tidak semua pengguna AC paham secara betul mengenai cuci AC. Pada kesempatan kali ini Javasiana akan bahas secara detail mengenai langkah-langkah mencuci AC sebagai berikut.

Mencabut Semua Kabel yang Terhubung Dengan Sumber Listrik

Langkah utama sebelum cuci AC tentunya anda harus mematikan semua kabel yang terhubung dengan sumber listrik. Untuk langkah yang pertama benar-benar di perhatikan karena pada saat anda mencuci AC akan menyiramkan air. Sedangkan, air yang berada di AC ini akan menghantar listrik dan sangat membahayakan.

Selain itu, untuk langkah paling aman anda bisa menutup saklar dengan lakban. Cara yang satu ini sangat di rekomendasi untuk dipergunakan karena dapat mencegah cipratan air tidak masuk ke dalam lubang.

Membersihkan AC Dimulai Dari Cover Terlebih Dahulu

Langkah cuci AC selanjutnya anda bisa memulai nya dari covernya atau bagian penutup nya terlebih dahulu. Pada langkah kali ini anda bisa menggunakan bantuan alat pembersih biasa seperti kemoceng dan vacuum cleaner. Dengan menggunakan bantuan dari kedua alat tersebut akan membersihkan debu di bagian luar hingga bilah ventilasi nya.

Melepas dan Membersihkan Pada Bagian Filter

Pada saat akan melepas filter pada AC tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk melepas filter anda bisa membaca buku petunjuk dan harus mengikuti semua instruksi. Ketika anda sudah berhasil melepas maka ikuti beberapa langkah sebagai berikut:

l  Pertama, anda harus membersihkan debu terlebih dahulu. Dalam proses membersihkan debu anda bisa menggunakan mesin pengisap maupun kuas kecil.

l  Kedua, anda bisa mencuci filter dengan air mengalir. Akan tetapi ketika bagian filter AC sangat kotor anda bisa mencuci dengan menggunakan sabun pencuci piring. Setelah bersih anda bisa mengeringkan filter AC tersebut dengan menjemur supaya dapat kering secara maksimal.

l  Paling akhir anda bisa melakukan lap kembali di bagian-bagian sudah dibersihkan agar tidak ada debu yang tertinggal.

Filter yang ada di AC ini merupakan bagian terpenting. Bahkan, untuk mengeluarkan udara dingin juga disebabkan karena proses kerja dari filter AC. Supaya tetap dingin maka anda harus memastikan bahwa kondisi nya baik dan udara yang dikeluarkan keadaan bersih.

Membersihkan Evaporator dan Bagian Unit Outdoor

Langkah paling akhir dari cuci AC adalah anda harus membersihkan evaporator dan beberapa unit outdoor. Untuk membersihkan evaporator anda bisa langsung saja menyemprotkan ke bilah-bilah AC dengan air sampai dengan bersih. Usahakan di saat melakukan penyemprotan berada di tepat sasaran agar tidak merusak komponen lain.

Setelah semuanya selesai anda bisa langsung membersihkan beberapa unit oudoor dari AC tersebut. Cara untuk membersihkan bagian outdoor ini anda bisa langsung menyiramkan air ke arah kisi-kisi AC seperti depan kiri. Jangan sampai air tersebut menyimprat di bagian kanan karena sangat berbahaya.

Nah, itu dia langkah-langkah cuci AC. Semoga dengan penjelasan tersebut bisa membantu anda yang ingin mencuci AC secara sendiri. Perhatikan semua langkah-langkah yang sudah di jelaskan di atas supaya berhasil.