4 Cara Mengatasi Susah Makan pada Anak

4 Cara Mengatasi Susah Makan pada Anak

Cara mengatasi anak yang susah makan memang memerlukan strategi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pasalnya faktor anak tidak  makan itu bisa berbeda-beda. Kuncinya adalah Anda harus menemukan apa penyebab anak susah makan.

Anak yang susah makan memang mengkawatirkan orang tua. Pasalnya akan menghambat asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak faktor yang menyebabkan anak tiba-tiba menjadi susah makan. Sebagai orang tua Anda Sebaiknya memperhatikan perubahan pola makan pada anak.

Cara Mengatasi Susah Makan Pada Anak

Kunci utamanya adalah orangtua mengetahui apa penyebab anak menjadi susah makan. Jika tidak, tentu Anda akan merasa sangat kesulitan untuk mengatasi hal tersebut.. Jika masalah ini jika dibiarkanterus menerus akan mengganggu asupan nutrisi yang harus diperoleh oleh anak

Berkomunikasilah dengan Anak

Ayah dan ibu dapat menanyakan apa yang sedang dialami oleh anak,  akan tapi jangan sampai anak merasa tertekan sehingga ia tidak mengatakan yang sebenarnya. Pasalnya bisa jadi ia merasakan sesuatu,  hanya saja ia tidak dapat mengungkapkannya dengan cara yang benar.

Oleh karena itu berkomunikasilah dengan cara yang mudah dtanggkap oleh anak.  Sehingga ia merasa bahwa yang dilakukan orang tuanya hanyalah bercerita saja.  Setelah anak bercerita,  orang tua akan mengetahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab perubahan pola makan tersbut.

Menu yang Bervariasi

Penyebab perubahan pola makan pada anak adalah menu makan yang tidak ia sukai.  Ibu dapat membuat sajian makanan yang menjadi kesukaan anak.  Jika anak sudah dapat diajak berbicara, ibu dapat bertukar pikiran tentang apa yang ia inginkan sebagai menunya pada hari itu.

Ibu juga dapat membuat sajian yang menarik misalnya sajikan makanan dengan  dibentuk menggunakan cetakan yang berbentuk hewan atau tumbuhan kesukaannya. Ibu dapat membeli cetakan yang berbentuk macam-macam

Suasana yang Menyenangkan

Pastikanlah ketika anak makan dalam keadaan suasana yang menyenangkan,  tidak terlalu lelah,  juga tidak dalam keadaan yang emosi. Misalkan baru bangun tidur atau baru ditegur oleh ayah dan ibu.

Pasalnya suasana yang menyenangkan akan membuat  proses makannya lebih lancar..  Terlebih lagi jika pada saat makan anak dapat menceritakan apa yang ada dalam pikirannya atau Ibu mengajak berbicara tentang apa yang membuatnya senang pada hari itu.

Bereksplorasi

Biarkan anak bereksplorasi dengan makanannya artinya ketika ia ingin maka sendiri walaupun hasilnya nanti mungkin berantakan biarkan ia menikmati dengan caranya. Orang tua cukup mengawasi jangan sampai makanan tersebut banyak yang terbuang.

Selain itu pula, orang tua dapat melihat apakah proses motorik halus dan motorik kasarny sudah terbangun dengan baik atau tidak. Misalkan dengan memperhatikan cara ia menggenggam sendok atau alat makan Yang diperlukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *