TIPS MENJAGA HUBUNGAN PERSAHABATAN

Sahabat adalah seseorang yang selalu ada ketika kita ingin berbagi cerita atau curhat serta memberi kita perhatian ketika kita sangat membutuhkan. Ketika bersama sahabat kita tidak akan merasa sedih, karena mereka akan selalu buat kita tersenyum. Ketika bersama sahabat kita akan merasa bahagia dan kejadian-kejadian  yang dialami bersama tidak akan terlupakan, karena semua kejadian akan menjadi kenangan yang indah. Sahabat bukanlah yang bisa membuat semua masalahmu menghilang, tapi yang tidak akan menghilang saat kau memiliki masalah.

 

Tidak semua orang bisa menjadi sahabat, seorang sahabat akan selalu ada untuk kita dan mempunyai ikatan emosi yang akan mengerti diri kita, berbeda dengan teman. Seorang teman hanyalah orang yang kita kenal dan tidak ada ikatan emosi yang sama pada diri kita. Dengan Memahami karakter seseorang merupakan hal yang sulit jika kita tidak berusaha untuk berteman dengan seseorang dan mengenal dia secara dekat.

 

Dikutip dari Sudekat ada beberapa tips untuk menjaga hubungan persahabatan agar tetap terjalin dengan baik yaitu:

 

  1. Mampu menjaga kepercayaan, kamu haruslah mampu menjaga rasa percaya satu sama lain. Maka hubunganmu dengan sahabatmu dapat terjaga dengan baik.

  2. Menjaga komunikasi dengan baik, Kamu bisa mengirimkan mereka pesan singkat atau juga berbagi foto di media sosial. Berkabarlah dengan mereka sesekali. 

  3. Saling percaya antara satu dengan yang lainnya, Jagalah kepercayaan yang telah diberikan temanmu, dengan begitu, hubungan pertemanan dapat terjaga dengan baik.

  4. Selalu ada antara satu dengan yang lain, baik dalam keadaan suka maupun duka, kalian harus saling mendukung. Saling memberi dukungan maka akan membangun ikatan yang kuat antara kamu dengan temanmu

  5. Biasakan menjadi telinga untuk satu sama lain, Jadi lah pendengar yang baik antara satu sama lain agar nantinya kamu dan sahabat tetap dapat mempertahankan hubungan persahabatan secara akur.

  6. Mengesampingkan ego, Setiap orang pastilah memiliki egonya tersendiri. Terkadang banyak yang bertengkar karena ego yang tak bisa dikesampingkan. Karena itu, biasakan untuk saling memahami dan saling mengalah agar hubunganmu dengan sahabat tak memiliki konflik.

  7. Rutin menghabiskan waktu bersama, Dengan saling menghabiskan waktu bersama, maka hubungan persahabatan pun dapat terjaga dengan baik. Jadi,, atur lah  waktu untuk menghabiskan waktu bersama.

  8. Jangan bersaing, Setiap orang pasti ingin menjadi yang terbaik daripada orang lain, tetapi jangan lakukan hal ini pada sahabatmu. Karena persaingan hanya akan membuat hubungan persahabatan jadi buruk, karena ada rasa saling ingin mengalahkan. Kalian boleh bertengkar atau berbeda pendapat tentang suatu hal, namun ketahuilah kapan harus kembali lagi

  9. Lupakan tentang cemburu

  10. Jangan ragu untuk meminta maaf, karena sebesar apapun masalah yang kamu hadapi pasti bisa diselesaikan dengan baik.

  11. Saling jujur, Jangan pernah sekalipun berbohong, biasanya orang yang sudah mempercayaimu sepenuhnya akan sulit untuk kembali percaya ketika mengetahui sahabatnya berbohong.

  12. Jangan egois, Sikap egois terkadang membuat sebuah hubungan hancur. Agar kamu bisa menjaga hubungan persahabatan dengan baik, maka kamu  sebaiknya menghindari sikap egois. Supaya hubungan persahabatan akan terjalin dengan harmonis dan juga bisa bertahan lama.

  13. Jika temanmu memiliki hari yang bahagia, Sebisa mungkin, hadirlah di sisinya maka sahabatmu pasti akan merasa bahagia. Contohnya saat dia lulus, mendapat promosi jabatan, menikah, melahirkan, dan lain-lain. 

  14. Tidak boleh menghakiminya, Jika sahabat membuat keputusan yang kurang baik, -mengencani orang yang tak cocok misalnya, jangan katakan kalau dia salah atau bodoh. Tetaplah hadir di sisinya untuk mendukung dan membimbingnya. Terimalah dia sebagai dirinya sendiri.

  15. Harus loyal, Jika sahabat mengungkapkan sebuah rahasia, kita harus bisa menjaganya. Dalam keadaan apapun kita harus membela teman, dan tidak membicarakannya diam-diam.

 

Maka jagalah hubungan persahabatan dengannya jangan sampai kita  kehilangan sahabat yang telah lama kita kenal dan jangan sampai kita menyesal. Kita juga tidak boleh hanya berbicara tentang diri sendiri, saat tengah berbincang bersama sahabat. Cobalah untuk peduli dan memberi respon baik pada sahabatmu dengan apa yang terjadi dalam hidupnya dan apa yang diinginkannya. Jadilah telinga atau pendengar yang baik. Jika itu berhasil, maka hubungan persahabatan pasti akan berjalan mulus dan langgeng untuk selamanya.