Perhitungan Honor Karyawan Resign: Ini Cara Hitungnya! – Linovhr Blog

Gaji merupakan suatu kewajiban yg perlu diberikan kepada karyawan lantaran hal tadi merupakan hak yg krusial buat dipenuhi. Ketentuan mengenai besaran gaji pun pula sudah mempunyai perhitungannya masing-masing.

Ketentuan besaran gaji diadaptasi menggunakan kebijakan dari perusahaan dan output menurut negosiasi antara dua pihak yaitu perusahaan & juga karyawan.

Tetapi, bagaimana bila karyawan mengajukan resign? Apakah perhitungan honorkaryawan resign masih tetap normal misalnya umumnya? Atau apakah ada ketentuan lain yang menyinggung tentang satu ini?

Pada dasarnya, karyawan masih mempunyai hak buat diberikan honorutama meskipun ia telah mengajukan resign selama menunggu leave notice-nya terselesaikan. Perhitungan honoruntuk karyawan resign pun juga mempunyai ketentuan tersendiri.

Hal ini disebut menjadi honorprorarata. Tidak hanya itu, bahkan terdapat uang penggantian hak yang sudah di atur di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003 Pasal 156 ayat (4) tentang penggantian uang buat hak cuti yg belum diambil, uang transportasi maupun reimbursement.Cara perhitungan honorkaryawan resign

Untuk menghitung gaji karyawan yg resign, berikut adalah adalah model gambarannya agar lebih jelas & mudah buat dimengerti.

Untuk menghitung Gaji honorsecara adil maka dibuatlah sistem penggajian prorata yg akan membayar karyawan sinkron dengan banyaknya hari karyawan bekerja sampai terselesaikan dan sahih-benar berhenti bekerja buat perusahaan.

Saat menghitung gaji prorata buat karyawan yang resign, Anda perlu menjumlahkan terlebih dahulu jumlah hari kerja pada bulan resign karyawan. Berikut ini merupakan rumus buat menghitung gaji prorata.

Gaji prorata =(jumlah hari kerja karyawan / jumlah hari kerja sebulan) x upah sebulan

Pertama, Anda perlu menghitung berapa banyak hari kerja karyawan dalam sebulan yang sinkron dengan kalender kerja. Setelah itu, hitung jumlah gaji karyawan per hari dengan menggunakan rumus di atas. Berikut ini adalah misalnya:

Jika seorang karyawan mempunyai gaji sebesar Rp lima.000.000 per bulan & hanya akan bekerja selama 15 hari sampai di hari dia resign, perhitungannya merupakan menjadi berikut

Gaji = (15 hari / 20 hari ) x Rp lima.000.000

Dengan perhitungan ini, maka dapat ditentukan bahwa karyawan hanya akan mendapatkan honorsebanyak Rp tiga.750.000 pada sebulan hingga di hari dia resign & berhenti bekerja buat perusahaan tadi.

Meskipun gaji tadi nir mencapai batas UMR ataupun nominal yang umumnya, perusahaan tetap harus memenuhi hak & kewajibannya buat menggaji karyawan sesuai dengan ketentuan yg berlaku memakai perhitungan yang akurat.

Baca pula: Karyawan Yang Resign Apakah Akan Mendapat Pesangon?Mudahkan perhitungan honormenggunakan efektif & cepat beserta payroll aplikasi linovhr!

Perhitungan gaji karyawan yg hendak resign memang merupakan suatu kewajiban yang permanen perlu dipenuhi oleh perusahaan. Hal tadi dikarenakan perusahaan masih menerima laba yg diberikan oleh output kinerja karyawan.

Meskipun perhitungannya merupakan hal yg nir mudah, hal ini tetap harus dilakukan secara teliti dan juga tepat sehingga nir terjadi kesalahan yang bisa merugikan galat satu pihak.

Karena hal inilah, perusahaan sangat dianjurkan buat mengelola payrollnya dengan baik sebagai akibatnya honorkaryawan resign terhitung menggunakan baik & pula tetap memenuhi hak karyawan.

Maka dari itu, LinovHR hadir sebagai solusi tepat untuk menangani masalah payroll atau penggajian karyawan, baik itu karyawan permanen, kontrak juga karyawan yang sedang resign.

Menggunakan pelaksanaan payroll sudah pasti bisa membuat HR & perusahaan lebih gampang mengelola gaji karyawan secara simpel & anti ribet menggunakan perhitungannya yg tepat.

Baca juga: Pengelolaan Data Gaji Karyawan Menggunakan Aplikasi HRD

Tidak hanya itu, data mengenai payroll karyawan pada perusahaan pula terjamin keamanannya sebagai akibatnya Anda nir perlu lagi khawatir mengenai kebocoran data baik itu internal ataupun eksternal. Meskipun banyak penawaran tentang payroll buat perusahaan, Anda sangat disarankan untuk menentukan yang terbaik.

Dengan LinovHR, segala hal tentang penggajian karyawan akan terselesaikan secara tuntas & jua simpel. Yuk, eksklusif saja menghubungi LinovHR buat memulai memakai dan mendapatkan manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *