Cara Memilih Ikan Koi Buat Ikan Hias, Kontes, & Membedakan Jantan Betina

Salah satu kasus bagi pemula buat membudidayakan jual koi ikan koi adalah perkara pemilihan ikan koi yg baik dan berkualitas. Ikan koi super & unggul mempunyai ciri-ciri spesifik yg tidak dimiliki oleh ikan koi biasa.

Dari segi harga, tentu tidak sama jelas. Ikan koi super mampu mencapai jutaan rupiah. Sedangkan ikan koi biasa, menggunakan ukuran yang sama, hanya beberapa puluh ribu saja. Bahkan apabila ukurannya mini, harganya mampu sangat murah.

Koi SuperCara memilih ikan koi menjadi ikan hias

Untuk keperluan koi hias, di kolam atau pada aquarium, berikut adalah merupakan beberapa saran tentang cara memilih ikan koi yang baik:

1. Pilihlah bentuk tubuh ikan koi yang ideal. Idealnya, perbandingan panjang dan tinggi tubuh ikan koi adalah 1:dua atau 1:tiga. Jadi, bila dipandang berdasarkan atas, tubuh ikan koi akan terlihat bundarmemanjang & tidak terlalu gemuk.

dua. Usahakan memilih ikan koi yang memiliki garis punggung lurus, atau nir melengkung.

tiga. Ikan koi yg baik mempunyai gaya berenang yg seimbang, lantaran memiliki pasangan sirip yang seimbang kanan & kiri, pula mempunyai garis tubuh seimbang. Hal ini dikenal ikan koi tadi mempunyai jitai yang baik.

4. Pilihlah ikan koi yang memiliki sirip dada & sirip perut yg sama besarnya.

lima. Pilihlah ikan koi yang mempunyai ukuran sirip punggung dan sirip ekor yang proporsional, seimbang, & sesuai dengan panjang dan tinggi ikan koi. Usahakan sirip punggung ikan koi tegak, tidak miring, atau jatuh, ke arah kiri atau ke kanan.

6. Bentuk kepala, yg mencakup bagian mata, ekspresi, dan insang harus proporsional & serasi. Jangan menentukan hidung ikan koi yg terlalu mancung, atau terlalu masuk sehingga tenggalam dalam timbunan daging.

7. Perhatikan jika hidung terlalu terbuka, bisa jadi ikan koi tadi pernah mengalami suatu penyakit, terutama penyakit pada insang.

8. Pilihlah ikan koi yg mempunyai warna cerah dan kontras. Batas pola rona yg kentara merupakan baik bagi ikan koi. Misalnya, buat jenis ikan koi kohaku, rona merahnya tampak cerah, & rona putihnya seputih salju. Tidak terdapat warna lain, atau merahnya tidak kekuningan.

Baca tentang kriteria kohaku yang baik disini, jenis-jenis ikan koi.

Pada intinya, ikan koi yg baik wajibkentara mempunyai jenis apa, menggunakan mempunyai atau memenuhi kriteria yang ditentukan berdasarkan suatu jenis ikan koi.

9. Pilih ikan koi yang sehat. Hindari ikan koi yg tampak lesu, tampak lambat gerakan berenangnya, berenang limbung tidak seimbang, atau poly membisu pada dasar kolam. Insang yg bergerak terlalu cepat, menandakan ikan sedang kesulitan bernapas, yang kemungkinannya ikan ini sedang tidak sehat.

10. Ikan koi yang baik, senangberkumpul dengan kawanannya. Hindari konduite ikan koi yg cenderung bahagia menyendiri atau menjauhi kawannya. Kemungkinan ikan koi tersebut sedang sakit, atau memiliki norma yg tidak baik untuk dipakai sebagai ikan hias.

Lukisan ikan koi, image: artliagallery.comCara menentukan ikan buat lomba atau kontes koi

Untuk keperluan lomba atau kontes, kriteria ikan koi akan semakin ketat. Karena bukan hanya yang kita sukai sendiri, tetapi juga harus memenuhi kriteria & kualitasnya. Harus sinkron standart penjuriannya.

Pada umumnya level kualitas ikan koi bisa dikelompokkan pada 3 level sebagai berikut:

Pada strata ini adalah kelompok ikan koi yg diperoleh melalui proses penyortiran menurut breeder koi, toko ikan hias, atau peternek ikan koi. Sebagian akbar jenis ikan koi dibesarkan secara lokal menggunakan garis darah campuran, serta nir terdapat histori yang tercatat sebelumnya.

Tidak diketahui siapa breedernya pada level ini. Meskipun begitu, kadang juga diperoleh ikan koi yg indah dan menarik. Pada umumnya, harganya pada level ini cukup murah, & tidak digunakan sebagai ikan lomba atau kontes.

Pada grup level ini, ikan koi mempunyai catatan garis darah yg dapat dipertanggung jawabkan. Ikan koi pada kualitas ini memiliki bentuk tubuh yang baik, & warna yg indah.

Ikan koi ini juga tidak mampu diikutkan dalam lomba lantaran umumnya nir memiliki pola warna yg harmonis seperti dalam kualitas kontes. Kebanyakan ikan koi memiliki pola rona yg tidak seimbang menggunakan poly kesalahan, meskipun tetap terlihat indah & menarik.

Pada kualitas ini, ikan koi bisa dijadikan sebagai indukan yang baik, dan harganya nir semahal kualitas kontes.

Adalah ikan dalam kriteria layak kontes. Secara umum kriteria jenis ini merupakan:Bentuk tubuhnya bagus, biasanya menyerupai torpedo dengan kualitas rona yg cerah brilian.Kulit sisik tampak mengkilapKiwa yang tajam, batas tegas antar ronaWarna merataPola seimbang

Tiap jenis ikan koi mempunyai kriteria show quality masing-masing. Simak bagaimana tiap jenis ikan koi mempunyai kriteria super nya disini.Cara memilih bibit ikan koi

Hal paling krusial buat memilih ikan koi adalah asal berdasarkan breeder yang baik dan terpercaya. Jika memungkinkan, usahakan membeli bibit ikan koi menurut indukan yg mempunyai garis keturunan yang kentara.

Keperluan berdasarkan pemilihan bibit pula memilih sekali. Memilih bibit buat keperluan ikan kontes, tidak sama menggunakan menentukan ikan koi sebagai ikan hias anda sendiri.

Memilih bibit ikan koi yg akan digunakan sebagai ikan kontes mempunyai persyaratan yang lebih kompleks dibandingkan jika akan digunakan menjadi ikan hias biasa.

Tidak hanya keindahan yang disukai sendiri, tetapi ikan koi untuk keperluan kontes harus mengikuti standart penjurian kontes ikan koi.

Namun, secara umum buat menentukan bibit ikan koi yang baik, yg perlu diperhatikan merupakan indukan yg kentara, syarat kesehatan kolam breeder indukan, & estetika warna ikan koi yg akan kita pilih. Untuk mengetahui kualitas pemeliharaan ikan koi yang baik setidaknya perlu diketahui parameter-parameter pada kolam yg diharapkan. Pada saat anda membeli bibit ikan koi, setidaknya anda perlu memeriksa kondisi kesehatan ikan koi di pada kolam, perhatikan dan pastikan tidak terdapat ikan yg terkena tanda-tanda sakit, apabila anda ingin mengetahui tanda-tanda ikan yg sakit, coba baca artikel yang sudah dibahas sebelumnya berkaitan menggunakan penyakit ikan koi.

Disarankan membeli bibit ikan koi dengan berukuran lebih kurang 10 centimeter. Hal ini dengen pertimbangan, harganya relatif murah. apabila kita masih pemula, berukuran ini cukup ideal buat mengetahui perkembangan ikan koi dari minihingga besar . Pakan yg diperlukan pula belum terlalu banyak. Perawatannya pula lebih mudah.

Bibit ikan koiCara memilih indukan berkualitas

Untuk membentuk bibit ikan koi yg baik, galat satu hal krusial yang wajibdiperhatikan merupakan pemilihan induk ikan koi yang bagus.

Memilih ikan koi jantan dan betina sebagai indukan yang baik hendaknya koi yg telah matang & relatif dewasa. Hal ini ditandai dengan postur tubuh yg sudah memadai.

Syarat indukan jantan adalah cukup matang buat bisa menghasilkan sel sperma, sedangkan pada indukan betina telah bisa menghasilkan sel telur. Indukan yg baik dapat menghasilkan sel telur dan sel sperma yg sehat.

Secara fisik, tubuh indukan yg baik memiliki tubuh yg sehat, tidak stigma, mempunyai sirip dan sisik secara lengkap.

Indukan yg baik dapat berkiprah secara seimbang & tidak loyo. Keseimbangan berenang adalah pertanda berdasarkan sirip dada & sirip punggung yang seimbang kanan & kirinya.

Idealnya, koi jantan yang sudah matang berusia kurang lebih tiga tahun. Koi betina menjadi indukan, setidaknya telah berusia dua tahun.

Umumnya, indukan koi betina berukuran lebih akbar berdasarkan koi jantannya. Terlihat menurut perut ikan koi betina yg tampak lebih akbar berdasarkan punggungnya, sedangkan koi jantan tampak lebih langsing jika ditinjau menurut punggungnya.

Ciri lain berdasarkan ikan koi yg siap kawin merupakan munculnya bintik-bintik berwarna putih dalam tubuh koi. Tanda ini tidak timbul pada waktu normal.

Indukan ikan koi yg baik pula harus memenuhi kondisi buat tiap jenis ikan koi. Ikan koi yang baik harus kentara menjadi kohaku, showa, kobbe, atau jenis lainnya.

Di samping indukan yang baik, untuk membentuk keturunan yg baik nantinya, hal krusial yang harus diperhatikan lagi adalah cara pemijahan ikan koi. Karena ini merupakan proses yang cukup memerlukan ketelitian, kita akan membahasnya dalam bagian spesifik menurut website ini tentang cara pemijahan ikan koi.

Induk ikan koi berkualitasCara membedakan ikan koi jantan & betina

Membedakan jantan betina koi adalah hal penting. Ini diperlukan buat pemijahan, atau sekedar memasangkan ikan koi. Berikut ini adalah beberapa cara yang sanggup dilakukan.

Salah satu cara buat membedakan koi jantan & betina merupakan menggunakan melihat bentuk fisiknya, ikan koi jantan lebih ramping jika ditinjau menurut atas punggungnya. Sedangkan ikan koi betina memiliki perut lebih akbar berdasarkan bagian punggungnya. Perhatikan gambar berikut, dengan sangat baik dapat menggambarkan perbedaan antara si jantan & si betina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *