custom tote bag

Fakta Menarik Tote Bag serta Andilnya Bagi Lingkungan

Tote Bag adalah salah satu barang yang seringkali dibawa oleh anak muda sekarang, berbelanja, ke kampus, nongkrong, jalan-jalan sampai ke toko kaset pun tas jinjing ini terlihat nyaman menyangkut di pundak para penggunanya. Tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris fashion saat bepergian, nyatanya tote bag pun memiliki fungsi yang penting bagi lingkungan.

Banyak faktor yang membikin tote bag makin diandalkan, salah satunya aturan dari pemerintah DKI Jakarta yang mewajibkan masyarakat buat mengurangi pemakaian kantong plastik dalam aktivitas perbelanjaan. Upaya ini membuat sejumlah toko swalayan serta perkulakan bergerak meniadakan kantong plastik belanja dan menggantinya dengan tote bag berjenis spunbond.

Dalam jangka panjang, ketergantungan masyarakat terhadap plastik memang cukup menjadi persoalan yang serius bagi lingkungan, hingga berimbas pada kesehatan kita. Tak heran bila tumpukan sampah plastik pun menjadi penyumbang polusi udara tertinggi, bahkan juga hingga menjadi pencemaran laut.

Sampah plastik yang menumpuk di sungai serta bermuara ke laut pun dapat menjadi soal baru bagi biota laut seperti merusak rantai makanan biota laut. Maka pemerintah pun mulai membuat aturan buat membiasakan masyarakat dalam menggunakan tote bag ketika berbelanja ke supermarket.

Sejak fungsi awalnya yang digunakan sebagai tas belanja, kini tote bag pun sudah mulai berpindah menjadi tren fashion yang dibuat dengan motif antik dan beragam. Melalui tote bag, gaya hidup ramah lingkungan pun makin banyak digandrungi dengan desain warna serta gambar yang menarik hingga tampil fashionable dengan gaya ala 90-an hingga 2000-an.

Disamping itu tote bag pun terbilang cukup fungsional dengan kapasitas tampung yang cukup besar dan akses yang mudah ketika kamu hendak mengambil barang di dalam tas.

Tote bag mulai menjadi biasa dipakai oleh para mahasiswa yang lebih memilih menggunakan tas ramah lingkungan ini ketimbang tas gendong. Alasannya karena tote bag yang lebih efektif dipakai, sehingga menjadi lebih percaya diri waktu dipakai mejeng di tempat nongkrong dengan teman setelah perkuliahan usai.

Memang pertama kalinya tote bag didesain buat dipakai oleh perempuan, namun seiring perkembangan zaman di dunia fashion, tak sedikit pria yang mulai membiasakan menggunakan tote bag buat keperluan sehari-hari. Tas ini pun bisa jadi pilihan gaya yang menarik bila memiliki kombinasi yang cocok dengan gaya pakaian kamu.

custom tote bag

Awal mula tote bag

Tas ini pertama kali muncul di Amerika Serikat, pada waktu itu belum diberi nama tote bag hingga akhirnya pada tahun 1900-an baru diberi nama. Tote memiliki arti membawa sedang Bag adalah tas. Namun dilansir dari Beritagar, tote bag memiliki makna tas serbaguna.

Tote bag datang dengan berbagai bahan

Sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan bahan, custom tote bag memiliki bahan yang berbeda-beda. Ada tote bag yang berbahan canvas, blacu, spunbond, goni serta nilon. Indonesia sempat menyebut tote bag menjadi tas kain lantaran tas plastik belum tersebar luas hingga akhir tahun 1960an.

Tote bag modis

Rumah gaya Chasin di Amerika Serikat milik desainer Bonnie Chasin merilis Chasin Carry Tote Bag pada tahun 1960an, tote bag ini terlihat lebih modis serta menarik. Ini menjadi awal munculnya tote bag yang lebih trendi di pasaran.

Tote bag sebagai media

Tote bag pernah menjadi tempat mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi politik pada tahun 1970an-1980an. Biasanya pada waktu itu tote bag berisikan kata-kata atau kalimat politis tentang keberpihakan mahasiswa pada masanya. Hal ini yang menyebabkan tote bag adalah tas yang sangat identik dengan para mahasiswa.

Menggunakan tote bag wujud cinta terhadap lingkungan

Seiring perjalanan dari zaman ke zaman. Pemakaian tote bag pula mengalami perkembangan baik secara fungsi maupun jenih bahan yang dipakai. Dahulu digunakan menjadi sarana berekspresi dan menyuarakan aspirasi para mahasiswa Indonesia, kini tote bag lebih dikenal jadi solusi buat menyelamatkan lingkungan dari jeratan sampah plastik yang mencemarkan lingkungan.

Hal ini dilakukan dengan adanya berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah, kampanye ini dilakukan oleh para penggiat pakaian buat menggunakan tote bag jadi pengganti plastik belanja.

Perlahan kesadaran pun mulai terjadi bagi seluruh lapisan masyarakat buat menggunakan tote bag, lantaran tote bag bisa digunakan berkali-kali ketimbang satu kali pemanfaatan plastik kemudian dibuang yang menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Jangan lupa buat membawa tote bag ketika berbelanja maupun di segala aktivitas, dan biasakan tanpa menggunakan kantong plastik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *