Menentukan Car Seat

Sudah semingguan gw berburu car seat. Tau car seat kan? Car seat itu loka duduk buat bayi/balita pada kendaraan beroda empat. Di Indonesia memang belum generik dipakai, akan tetapi klo di luar negeri bisa ditilang klo membawa bayi nir gunakan car seat. Wajar saja sih lantaran klo bayi nggak ditaruh car seat saat di kendaraan beroda empat sanggup bahaya klo ada accident atau paling nggak klo ngerem mendadak. Jadi aku tetapkan buat berburu car seat.

Setelah browsing2, ternyata car seat itu terdapat beberapa macam. Untuk group 0, group 1 & class 2-3. Ada car seat yang bisa dipakai buat beberapa group misal class 0 dan 1. Tiap type mampu beda2. Tentang pembagian groupnya merupakan menjadi berikut :Group 0 = buat berat badan 0 s/d 10 kg atau umur 0 s/d 6 bulan (umumnya disebut infant carrier)Group 0+ = buat berat badan 0 s/d 13 kg atau umur 0 s/d 12 -15 bulan (umumnya dianggap infant carrier)Group 1 = buat berat badan 9 s/d 18 kg atau umur 9 bulan s/d 4 tahunGroup dua-3 = buat berat badan 15 s/d 36 kg atau umur 4 s/d 12 tahun (car seatnya biasa disebut booster)

Bila teman2 ada yang nyari car seat, pesan saya sesuaikan menggunakan kebutuhan. Ada yang namanya car seat convertable, jadi sanggup buat group 0 & 1. Group 0 itu hadapnya wajibke belakang (rearward facing), sedangkan group 1 itu telah sanggup hadap depan (forward facing). Untuk car seat type ini mampu digunakan mulai umur 0 hingga 4 tahun dan sanggup dipasang hadap depan dan belakang. Untuk group 0 harus hadap belakang karena leher bayi akan lebih kondusif bila terdapat benturan lantaran tidak akan menunduk ke bawah.

Bila umur anak sdh masuk group 2-3 maka saatnya berganti memakai bosster. Booster ini misalnya bantalan loka duduk saja, nggak terdapat sandarannya. Jadi Anak pakai safety belt bawaan kendaraan beroda empat.

Satu hal yg cukup penting merupakan harus punya 5-point safety harness. Artinya paling aman beltnya car seat harus menjangkau ke 2 paha & lengan anak. Ini kayak yang dipakai pada balap mobil dan pesawat tempur.

Acuan web mengenai car seat tapi standar amerika merupakan :

http://www.seatcheck.org/http://www.nhtsa.dot.gov/people/injury/childps/

Jika mau beli car seat, pastikan dicoba di mobil kita (coba hadap depan maupun belakang jika memang sanggup buat convertable) lantaran ternyata belum tentu cocok dengan panjang safety belt mobilnya. Saya mengalami sendiri hal ini. Akhirnya wajibganti merk car seat yang lain, untungnya boleh…. :)Sore ini rencananya mau ke tokonya lagi, mother care pada TP 4 Surabaya.

FYI, punyaku merk mothercare type Seville dipasang di xenia maupun avanza nggak sanggup hadap belakang karena paling aman beltnya kurang panjang. Untuk hadap depan mampu. Padahal butuhnya kinimasih hadap belakang. Jadi terpaksa wajibditukar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *