Motif Mimbar Masjid & Tips Memilihnya

By Nurul

On Saturday, September 18th, 2021

Categories : Ragam

Untuk motif yang cocok digunakan buat mimbar masjid merupakan motif goresan kaligrafi. Jika mimbar tadi dipakai buat masjid, tentunya sangat cocok dengan goresan kaligrafi karena kaligrafi adalah karya seni islam yang keren.

Seperti keliru satu misalnya ialah kaligrafi ukir jepara. Motif tersebut tentunya mampu membuat mimbar tadi terlihat lebih anggun dan bagus. Untuk motif atau goresan pena kaligrafi yg digunakan ada poly sekali.

Untuk model teksnya engkaumampu menggunakan teks Arab yg mampu engkaupakai buat pembuatan kaligrafi yg digunakan buat mimbar masjid. Adapun misalnya yaitu misalnya teks Allah, Muhammad, Bismillahirrahmanirrahim, Ayat Kursi, Allahuakbar, Lailahaillallah, Masya Allah dan lain sebagainya.

Untuk penulisan kaligrafinya terdapat yang sederhana, ada yg simple dan ada pula yg rumit. Selain itu jua terdapat yg mudah dibaca & terdapat yang sulit dibaca. Jadi kamu mampu memlih penulisan kaligrafi yang berdasarkan engkauindah.

Motif / Kaligrafi Mimbar Masjid yang Bisa Kamu PilihKhat Khufi

Jenis motif atau kaligrafi ini mempunyai karakteristik khas tidak berharakat atai nir bersyakal. Selain itu jua tidak mempunyai hiasan. Untuk jenis kaligrafi ini termasuk kaligrafi yang sulit dibaca lantaran tidak ada harakatnya.Khat Maskhi

Jenis motif atau kaligrafi ini seperti halnya tulisan yang ada pada dalam Alquran. Ciri khat Muski ini merupakan gampang buat dibaca.Khat Farisi

Jenis motif atau kaligrafi ini mempunyai gaya penulisan misalnya catatan kaki yang mana bentuknya miring ke bawah.Khat Tsuluts

Jenis motif atau kaligrafi yg ini yaitu ditulis menggunakan biasa & jua terdapat yang rumit. Biasanya buat bentuknya yaitu bulat atau persegi panjang.Syikasteh

Jenis motif atau kaligrafi ini hampir mirip menggunakan kaligrafi Tha’liq. apabila memakai jenis kaligrafi ini, umumnya akan dikombinasikan dengan jenis kaligrafi lainya.

Ketika ingin membeli & menentukan mimbar masjid yang tepat, usahakan konsultasikan terlebih dahulu ke tukang yang pakar. apabila dikerjakan ditangan yg pakar, tentunya ahsilnya nanti mampu bagus dan berkualitas. Adapun tips menentukan motif goresan untuk masjid mimbar yaitu:Pilihlah motif yang bernuansa islam. Seperti model teks Arab yg telah kami jelaskan di atas tersebut.Pilihlah motif ukiran yg sempurna. Kamu mampu menggunakan ukiran yang bertema tumbuhan seperti goresan bentuk bunga atau daun.Jangan memilih tabrakan yang berbentuk gambar manusia atau hewan.Kamu mampu menggunakan bentuk kaligrafi bundar , kotak atau lengkungan esetetik yang mampu menciptakan ukiran mimbar tadi terlihat lebih cantik.Kamu bisa menggunakan ukiran dari Jepara atau Jawa. Kedua gesekan tersebut memiliki ciri khas karya seni yg luar biasa. Ukiran tersebut mempunyai motif yg keren-keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *