Rangkaian Doa yang Bisa di Panjatkan untuk Mendoakan Kedua Orang Tua yang Telah Meninggal

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari

 

Hubungan anak dan juga orang tua adalah hubungan yang tidak akan pernah terputus, walaupun nanti kedua orang tuanya telah meninggal dunia anak ini harus tetap berbakti kepada kedua orang tua. Salah satu cara anak untuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan membaca doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

Membaca doa untuk orang tua yang sudah meninggal ini bisa Anda lakukan saat ziarah ke kuburnya atau setelah melakukan sholat. Anak yang rajin mendoakan orang tuanya niscaya akan menyelamatkan orang tuanya yang telah meninggal. Ini dia urutan yang bisa Anda lakukan saat membaca doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

  • Doa Pendek untuk Mendoakan Orang Tua

“Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.”

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

  • Doa untuk orang tua yang telah meninggal

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.”

Artinya: Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

  • Ditutup dengan doa sapu jagad

Setelah Anda mendoakan orang tua yang sudah meninggal sebaiknya Anda tutup dengan doa sapu jagad, sholawat nabi, dan yang terakhir adalah Surat Al-Fatihah.

“Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn.” Al-Fatihah.

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Allah, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).

 

Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Tiada

Sebagai anak yayng sholeh Anda ini wajib mendoakan orang tua Anda yang sudah meninggal, selain mendoakan orang tua masih ad acara lainnya untuk seorang anak berbakti kepada orang tuanya. Sebagai anak Anda harus bisa menjaga nama baik kedua orang tua, jangan sampai nama baik orang tua rusak karena perbuatan Anda. Cara lainnya juga Anda bisa bersedekah kepada orang lain tapi menggunakan nama orang tua Anda. Jika kedua orang tua Anda semasa hidupnya masih memiliki hutang Anda sebagai anak harus melunsi hutang tersebut, hutang ini sangat penting supaya orang tua Anda merasa tenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *