Begini Tahap-Tahap Menggunakan Aplikasi Signal Untuk Bayar Pajak Kendaraan

Samsat Digital Nasional
source gambar : samsatdigital.id

Para artikel kali ini, akan dibahas seperti apa cara memakai aplikasi Signal untuk membayar pajak motor atau mobil. Anda mungkin masih kurang familiar dengan layanan samsat digital satu ini mengingat aplikasi Signal cukup baru hadir untuk dipakai semua warga.

Sebelum ada aplikasi Signal, ada yang namanya Samolnas tetapi sudah tidak aktif dan digantikan dengan aplikasi Signal. Berikut cara memakai layanan aplikasi Signal tersebut. .

Unduh aplikasi Signal

Langkah pertama yaitu anda dapat mengunduh Signal lewat Play Store. Caranya bisa dengan cari dengan kata kunci “Samsat Digital Nasional” lewat Play Store.

Kalian bisa juga langsung mengunduh aplikasi Signal lewat tautan berikut ini, https://play.google.com/store/apps/details?id=app.signal.id/. Sementara untuk platform Apple atau iOS masih pengembangan.

Melakukan tahap-tahap verifikasi

Kalau sudah mengunduh Signal, maka ada beberapa langkah verifikasi yang perlu pengguna aplikasi Signal ikuti seperti berikut ini. Pertama ada verifikasi wajah yaitu melakukan selfie disertai dengan NIK.

Proses verifikasi ini tujuannya adalah menggantikan keharusan melampirkan KTP-el. Berguna juga untuk memastikan kalau kendaraan masih dalam satu pengguna atau belum pindah tangan.

Pada tahapan satu ini ketika melakukan swafoto, jangan terlalu jauh wajah dari kamera, supaay menghindari backlight, dan jangan keliru untuk memasukkan NIK.Ada pun verifikasi e-mail agar melengkapi database serta untuk membangun layanan komunikasi juga.

Dengan verifikasi ini juga bisa mendukung ETLE. Verifikasi lain yaitu verifikasi nomor hp dengan OTP untuk memastikan kalau anda memang benar-benar yang mengurus.

Mendaftar kendaraan dan membayar

Kalian harus mendaftarkan kendaraan sesuai dengan data yang dibutuhkan aplikasi Signal. Lalu selanjutnya, kalau data yang telah diinput sesuai, Anda dapat melakukan pengesahan surat STNK tahunan lewat memilih kendaraan terkait.

Sistem aplikasi Signal menampilkan besaran Pajak dengan SWDKLLJ. Pilih pilihan pengiriman dan bisa juga pilih Tidak. Selanjutnya anda akan mendapat kode untuk pembayaran dari aplikasi Signal.

Lakukan pembayaran tersebut berdasarkan kode di mitra tertentu yang sudah menjalani kerja sama. Seperti itulah cara mendaftar serta melakukan pembayaran saat memakai aplikasi Signal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *