3 Alasan Utama Lakukan Self Publishing

Bagi seorang penulis tentu memiliki kendali besar terhadap hasil naskahnya sendiri termasuk bagaimana cara mereka untuk mencetaknya. Dalam dunia cetak buku dikenal istilah self publishing dimana kebanyakan dilakukan oleh pemula. Lantas apa saja alasannya?

3 Alasan Utama Lakukan Self Publishing

Penulis yang masih pemula dan ingin cetak buku di tahapan akhir setelah naskah sudah siap dibukukan, banyak dari mereka memilih untuk self publishing. Hal ini pun bisa saja dilakukan karena ada alasan dibaliknya, seperti biaya lebih hemat, pengelolaan naskah mandiri hingga birokrasi lainnya.

  1. Tidak Adanya Return Buku

Pernahkah Anda mendengar istilah return buku? Jadi hal ini sering terjadi di penerbitan sekala besar dimana ketika masa kontrak dengan penulis sudah selesai maka harus dikembalikan apabila tidak memenuhi target penjualan.

Buku yang sudah disebarkan ke toko tersebut akan dikembalikan ke penerbit asal. Namun ketika Anda memilih untuk melakukannya secara self publishing, maka hal ini tidak terjadi. Pasalnya percetakan hanya dilakukan sesuai dengan permintaan dari pembeli.

  1. Pengelolaan Naskah Lebih Terkontrol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penulis kini memiliki kontrol penuh terhadap pengelolaan naskah mereka. Hal ini mencakup mulai dari editing, desain hingga penentuan layout sehingga dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan masing-masing.

Pada tahap ini, setidaknya Anda tidak akan dipusingkan dengan aturan penerbitan yang cenderung menyulitkan. Namun jika penulis pemula masih belum memiliki keterampilan dalam hal ini, kini sudah banyak tersedia jasa self publishing

  1. Direct Connection

Alasan lain dari penulis yang memutuskan untuk melakukan self publishing adalah bisa menjalin kedekatan dan hubungan secara langsung dengan pembaca mereka. Tentu hal ini dianggap sebagai asset tersendiri bagi penulis.

Dapat dikatakan jika menjalin kedekatan dengan pembaca akan meningkatkan branding nama dari seorang penulis. Bagaimanapun juga mereka adalah pembuka rezeki yang harus dijaga dan dipertahankan.

Ada beberapa alasan lainnya dibalik self publishing jika dibandingkan cetak buku di penerbit skala besar. Anda pun bisa melakukannya dengan mempertimbangkan keuntungan di atas terutama jika masih seorang penulis pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *