Ketahui Perbedaan Laktosa dan Sukrosa, Mana Lebih Baik Untuk Anak

Ketahui Perbedaan Laktosa dan Sukrosa, Mana Lebih Baik Untuk Anak?

Laktosa dan sukrosa adalah jenis gula yang memang cukup saring ditemukan pada produk susu termasuk susu untuk anak-anak. Karena keduanya adalah jenis gula, tentunya baik laktosa dan sukrosa memiliki rasa manis. Meskipun begitu keduanya jelas memiliki perbedaan.

Lantas apa perbedaan laktosa dan sukrosa? Karena keduanya memang ada di produk susu anak, sebagai orang tua jelas harus mengetahui perbedaan antara kedua gula tersebut. Hal ini agar nantinya anda bisa memberikannya secara tetap untuk anak. Nah, untuk mengetahui perbedaan bisa langsung saja simak ulasannya sebagai berikut.

Perbedaan Laktosa dan Sukrosa

Seperti sudah dijelaskan ini adalah jenis gula yang bisa ditemukan pada produk susu anak. Perlu diperhatikan, jika tidak semua jenis gula sehat untuk tumbuh kembang si kecil. Nah, pada dasarnya kedua jenis gula tersebut adalah bentuk disakarida karbohidrat. Tapi tetap ada perbedaan yang harus diketahui para orang tua terhadap keduanya. Berikut adalah perbedaannya.

Laktosa

Untuk laktosa sendiri adalah bentuk disakarida gabungan dari glukosa dan galaktosa. Secara alami anda bisa menemukannya pada ASI maupun susu sapi. Jika dibandingkan dengan sukrosa, laktosa memiliki rasa manis yang lebih rendah.

Jenis gula satu ini bisa anda temukan pada produk buatan manusia seperti susu, yogurt, dan juga es krim. Jenis gula ini pun memiliki peranan penting dalam kesehatan anak. Seban laktosa menjadi peran penting dalam pembentukan mikrobiota pada usus anak. Sehingga akan membuat keseimbangan bakteri baik dalam sistem pencernaan pun tetap terjaga.

Jika mikrobiota usus terjaga, jelas ini akan mendukung kesehatan dan dapat mencegah anak mudah gampang sakit, sebab imun mereka terjaga.

Sukrosa

Untuk jenis yang ini adalah disakarida dari gabungan karbohidrat sederhana glukosa dan juga fruktosa. Sukrosa sendiri bisa ditemukan secara alami pada beberapa jenis buah dan sayuran. Tebu dan buah bit menjadi tanaman yang mengandung banyak jenis gula ini.

Produk gula pasir adalah produk dari pengkristalan sukrosa yang terdapat pada buah. Gula pasir pun sering digunakan sebagai produk tambahan dalam proses pembuatan kue, minum kalangan, permen, dan produk makanan lainnya.

Itulah perbedaan laktosa dan sukrosa. Lantas mana yang lebih baik untuk anak?

Laktosa atau Sukrosa, Mana yang Terbaik Untuk Anak?

Jika bertanya mana yang lebih baik, maka laktosa adalah jawaban. Ya, jenis gula ini menjadi yang terbaik untuk diberikan kepada anak. Kenapa?

Sebab latoksa tidak berdampak besar pada gigi berlubang. Seperti sudah dijelaskan laktosa memiliki rasa manis yang lebih rendah, sehingga akan mengurangi resiko gigi berlubang. Selain itu jenis gula ini tidak membuat anak obesitas.

Para orang tua khawatir jika anaknya sampai obesitas sehingga sangat membatasi pemberian gula pada anak, padahal gula menjadi sumber energi untuk aktivitas. Nah, laktosa tidak berdampak besar pada berat badan anak, dibandingkan dengan sukrosa yang cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi.

Sekarang sudah mengetahui perbedaan laktosa dan sukrosa. Setelah mengetahuinya, mari berikan susu dengan kandungan yang tepat untuk anak agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *