Bagaimanakah Tekstur Mpasi Bayi Usia 6 Bulan Yang Tepat?

Bagaimanakah Tekstur Mpasi Bayi Usia 6 Bulan Yang Tepat?

Memasuki usia 6 bulan bayi akan menapaki usia perkembangan yang baru yakni mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Seiring dengan perkembangannya, pemberian ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Diperlukan asupan nutrisi lainnya yang berasal dari MPASI. Dalam mempersiapkan MPASI pertama untuk si kecil banyak ibu yang merasa kebingungan terutama dalam hal memperkirakan tekstur mpasi 6 bulan pertama.

Perkembangan kemampuan makan bayi di usia 6 bulan

Ketika bayi berusia belum ada 6 bulan sebenarnya ia sudah menunjukan tanda – tanda keinginan untuk makan seperti respon membuka mulut ketika sendok didekatkan, sudah dapat meraih sendok dan memindahkannya ke mulut. Akan tetapi di usia 6 bulan sebaiknya bayi tidak diberikan makanan padat karena selain minum ASI organ pencernaannya masih belum benar – benar matang.

Bagaimana tekstur MPASI bayi usia 6 bulan

Pemberian MPASI tidak dapat sembarangan, asal makanan sehat saja. Selain kandungan nutrisi yang harus diperhitungkan kesiapan bayi dalam mencerna makanan juga harus diperhatikan. Tekstur mpasi 6 bulan pertama sebaiknya dibuat lumat atau saring. Tekstur lumat ini adalah makanan yang dilumatkan sampai benar – benar halus sementara tekstur saring pada mpasi anak usia 6 bulan adalah makanan yang dihaluskan sampai membentuk bubur kental.

Kenapa tekstur itu snagat penting?

Tekstur MPASI harus diberikan sesuai dengan perkembangan usia bayi, jangan sampai terlalu cepat ataupun lambat dalam memberikan tekstur yang tepat. Apabila bayi terlambat naik tekstur maka akan sulit bagi bayi untuk mempelajari tekstur yang lebih kasar.

Keterlambatan naik tekstur juga dapat mempengaruhi sistem cerna bayi karena tidak terlatih terhadap makanan yang lebih kasar. Tekstur makanan yang lebih kasar akan melatih bayi dalam belajar mengunyah, menelan dan memindahkan makanan dari pipi kiri ke kanan.

Bagaimana frekuensi pemberian mpasi  bayi yang tepat usia 6 bulan?

Bagi ibu yang baru pertama kali memberikan MPASI mungkin akan merasa bingung. Bayi usia 6 bulan sebaiknya makan sebanyak 2-3 kali makan besar dengan 1-2 kali makan selingan. Jumlah frekuensi makan ini cukup untuk mengenyangkan bayi seharian di dukung dengan asupan ASI.

Seberapa banyak mpasi per porsi untuk bayi usia 6 bulan?

Pencernaan bayi yang masih terus berkembang tentunya harus didukung dengan mpasi yang diberikan secara bertahap. Di awal mpasi bayi hanya memerlukan makan sebanyak 3 sdm – ½ mangkuk berukuran 250 ml. takaran ini tentunya tidak terlalu banyak karena usia bayi 6 bulan masih berkenalan dengan mpasi dan masih mendapat asupan nutrisi lainnya dari ASI. Porsi ini dapat memenuhi kebutuhan energi bayi usia 6 – 8 bulan dengan sekitar 200 kcal per hari.

Pemberian asi harus memperhatikan kebutuhan nutrisi harian, porsi dan tekstur mpasi 6 bulan pertama dan yang tidak kalah penting adalah dengan memberikan MPASI secara konsisten. Jangan memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya. Berikan mpasi sesuai dengan sinyal lapar atau kenyang dari bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *