Anak Sembelit: Gejala dan Cara Mengatasinya

Anak Sembelit: Gejala dan Cara Mengatasinya

Anak sembelit sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya karena sembelit merupakan masalah yang sering dirasakan oleh para anak. Meskipun begitu, tidak jarang para ibu merasa resah terutama jika sikecil rewel sepanjang waktu. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui gejala dan cara mengatasi masalah ini sehingga anak bisa teratasi masalah sembelitnya. Perlu anda ketahui bahwa balita yang mengalami gangguan pencernaan umumnya akan memunculkan gejala berupa rewel, perut kembung, mual, muntah, diare, hingga dehidrasi. Biasanya masalah ini muncul disebabkan karena anak makan terlalu banyak, mengalami infeksi saluran cerna ataupun intoleransi laktosa.

Gejala Anak sembelit

Ada beberapa penyebab mengapa anak mengalami sembelit. Biasanya anak yang makan terlalu banyak akan mengalami infeksi saluran cerna atau intoleransi laktosa. Kondisi ini juga kerap muncul disebabkan sistem pencernaan sikecil yang masih dalam perkembangan dan masih menyesuaikan dengan jenis asupan yang diberikan. Selain itu, tidak jarang juga sikecil mungkin mengalami gangguan pencernaan ketika mengkonsumsi makanan pedas. Adapun gejala yang biasanya dirasakan oleh para balita adalah gumoh. Gumoh ini merupakan kondisi normal karena tenggorokan bayi belum berkembang sempurna. Selain itu, ukuran lambungnya juga masih sangat kecil sehingga ketika terlalu banyak makan atau menelan udara mayi akan gumoh ketika menyusui.

Selain itu, gejala lain Anak sembelit adalah perut kembung. Masalah ini bisa membuat anak rewel dan menangis. Kondisi ini disebabkan karena saluran pencernaan anak belum berfungsi dengan sempurna dan anak yang mengalami perut kembung biasanya akan memunculkan gejala khas yaitu perutnya menjadi keras, sering sendawa, rewel, dan sering kentut. Kondisi ini tentu akan menyebabkan anak rewel dan hal ini disebabkan karena cara makan dan minum sikecil yang terlalu cepat atau pelan. Selain itu, minum dari botol dot yang banyak gelembung udaranya  juga bisa membuat kembung.

Cara mengatasi Anak sembelit

Perlu anda ketahui juga meskipun masalah ini tidak terlalu berbahaya namun jika diremehkan bisa membuat anak tidak nyaman. Selain itu, pencernaan juga ada kaitannya dengan perkembangan dan kecerdasan otak sehingga anda perlu memperhatikan cara mengatasinya. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan asupan makanan yang mengandung serat. Jika sikecil menderita sembelit maka sebaiknya diberikan makanan yang tinggi serat dan utamakan memberinya asupan serat dari buah-buahan atau jus buah seperti apel atau pir.

Selain itu, untuk mengatasi Anak sembelit anda juga bisa menghindarkan makanan tertentu ketika anak mengalami gangguan pencernaan. Jika sembelit maka hindari makanan yang keras dan berminyak karena bisa membuat anak semakin sulit untuk buang air besar. Dengan memperhatikan itu semua, maka masalah sembelit bisa teratasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *