Cara Merawat Mobil Bekas Saat Musim Hujan

Memahami cara merawat mobil yang tepat bisa membuat kendaraan Pins berumur panjang. Performa mobil yang selalu baik akan mengurangi resiko kecelakaan. Mulai dari membersihkan mesin dan body mobil dengan shampoo mobil terbaik dan langkah lainnya.

Berdasarkan survei dari American Automobile Association (AAA) menyatakan penyebab kerusakan mobil kebanyakan berasal dari kurangnya perawatan yang tepat dan berkala.

Cara Merawat Mobil Bekas Saat Musim Hujan

Lantas, bagaimana cara merawat mobil yang baik dan benar? Berikut ini tips merawat mobil baru atau bekas.

1.      Jangan biarkan air hujan mengering di bodi mobil bekas.

Setelah mobil bekas Anda terkena hujan, pastikan Anda mengelap ataupun mencuci bodi mobil bekas sehingga terhindar dari risiko timbulnya jamur di sekitar bagian komponen mobil bekas yang lembab serta menjaga seluruh bagian mobil bekas tidak berkarat karena kadar air hujan yang mengandung zat asam.

2.      Rutin memeriksa mesin mobil bekas saat musim hujan.

Anda harus memeriksa bagian dalam mesin mobil bekas secara rutin, karena air hujan bisa masuk ke dalam mesin melalui sela-sela mobil sehingga dapat membuat mobil bekas Anda mogok atau mati mendadak.

Jika Anda menemukan adanya bunyi atau getaran yang tidak normal pada mesin mobil bekas, segeralah memeriksa mobil bekas Anda di bengkel terdekat. Pastikan anda juga menggunakan sparepart yang resmi, misalnya anda memiliki mobil Daihatsu, maka gunakan sparepart mobil Daihatsu yang resmi.

3.      Pastikan komponen kelistrikan mobil bekas tetap berfungsi.

Komponen kelistrikan merupakan bagian yang paling rentan bermasalah saat mobil bekas terkena hujan. Periksalah kabel listrik satu persatu apakah masih berfungsi dengan baik atau mungkin bisa jadi fungsinya melemah. Komponen kelistrikan sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara terutama di malam hari.

4.      Periksa Volume Minyak Rem

Cara merawat mobil baru ataupun bekas perlu memperhatikan volume minyak rem. Minyak rem berfungsi untuk melumasi bagian cakram dan kampas.

Rutinlah memeriksa volume minyak rem pada tabung reservoir. Pins dapat mengganti minyak rem ketika sudah menempuh 40.000 km atau dua tahun sekali.

BACA JUGA  Beberapa Jenis Sepeda Motor yang Telah Ada di Dunia