Beberapa Jenis Sepeda Motor yang Telah Ada di Dunia

Sepeda motor sekarang telah menjadi satu diantara model transportasi yang termudah dan tersering dipakai oleh sebagian besar warga. Sampai sekarang telah terbentuk juta-an sepeda motor bahkan juga dengan mengangkat tehnologi – tehnologi canggih yang ada di motor itu. Dimulai dari beragam merk, type, tipe, yang mempunyai keberagaman harga, perform dan peranan mulai banyak muncul dan akan terus diperkembangkan sampai sekarang ini.

Dari beragam jenis tipe sepeda motor yang ada, tentu saja mempunyai langkah buat yang lain. Seperti sepeda motor automatis yang tanpa memakai pengoperan transmisi pada mesin, atau sepeda motor yang memakai mekanisme transmisi pada mesin secara semi automatis dan manual. Tidak seluruhnya sepeda motor mempunyai langkah memakai yang serupa karena sesuai beragam type seoeda motor itu. Pada intinya sepeda motor di dunia secara universal terdiri jadi beberapa type berdasar kelas mesin dari sepeda motor tersebut.

Beragam Jenis Sepeda Motor di Dunia Secara Universal:

1. Road Bike

Road bike atau pada umumnya bisa disimpulkan secara harfiah ialah motor jalanan. Motor tipe ini mempunyai perform tinggi, yang dapat digunakan untuk kepentingan satu hari – hari, atau kepentingan perjalanan turing dalam menelusuri satu wilayah.

Dengan tenaga yang lumayan besar dan mesin yang kuat, roadbike umumnya mempunyai dimensi body yang kuat, dengan cirikhas mempunyai bak bensin yang ada di luar. Sepeda motor ini

Kelebihan Road Bike

– Sector perform yang oke, dengan kemampuan mesin rata – rata di atas 150 CC.
– Segi ergonomis yang bagus, nyaman untuk dikemudikan jarak jauh.
– Konstan.
– Mempunyai penampilan yang gagah dan menarik.

Kekurangan Road Bike

– Berat yang tidak enteng.
– Konsumsi bahan bakar yang condong boros.
– Perawatan yang luwayan mahal.

Road Bike sebagai tipe motor yang paling menjajikan pada pasar pemasaran sepeda motor, karenanya beberapa perusahaan sepeda motor seakan berlomba-lomba – lomba menghasilkan motor dengan tipe ini, dimulai dari CC kecil sampai CC besar. Mirip contoh Honda Tiger, Yamaha V-Ixion, Sampai Ducati Corse jadi sejumlah kecil dari motor – motor road bike ini.

BACA JUGA  Berikut 5 Trik Membesarkan Otot Lengan dengan Mudah

2. Cub

Sebagian orang ingin mempunyai sepeda motor dengan mesin yang kuat dalam tiap perjalanan yang hendak di menempuh, baik jarak dekat atau jarak jauh. Ini jadikan sepeda motor sama ukuran kecil tetapi dengan daya jelajahi yang lumayan tinggi, motor type cub banyak dicari oleh sebagian orang.

Cub, ataupun lebih marak dikenali bernama sepeda motor bebek sebagai sepeda motor yang sangat terkenal dan go-international. Dengan kemampuan mesin yang kecil tetapi bandel, motor tipe ini menjadi unggulan beberapa pengendara untuk beraktivitas satu hari – hari.

Kelebihan Motor Cub

– Kecil, bandel dan gesit.
– Efektif dari sisi pemakaian bahan bakar, ingat CC nya kecil, rata – rata di bawah 150 CC.
– Perawatan yang gampang.
– Ketersedian unit dan sparepart yang berlimpah.
– Design yang timeless, beberapa cub menjadi legenda hidup sebagai motor bebek terbaik.

Kekurangan Motor Cub

– Kemampuan silinder yang kecil membuat perform yang buruk.
– Kadang tarikan cukup responsif.
– Sekarang ini kwalitasnya alami down-grade atau pengurangan, hanya karena memburu efektivitas dan harga semata-mata.

Pasar motor tipe cub di Indonesia sangat ramai, dimulai dari cub yang telah menjadi legenda, seperti Honda Astrea, Suzuki Bravo, Yamaha Crypton, sampai motor kekinian seperti Honda Revo, Yamaha Jupiter, Kawasaki Athelete, dan ada banyak kembali.

3. Skuter Matic

Sepeda motor tipe ini sebagai sepeda motor yang terkenal sekarang ini di Indonesia, dan di sejumlah penjuru dunia yang lain. Skuter matic ialah type sepeda motor yang memakai transmisi secara automatis saat lakukan peralihan gigi. Pengendara perlu memutar gas dan tekan rem.

Sekuter matic inioun benar-benar pas untuk dikemudikan di saat jalanan padat dan alami kemacetan. Disamping itu tehnologi yang ada di pada sekuter matic telah makin mengalami perkembangan dari sekuter terdahulunya, hingga tak perlu berasa cemas untuk memakai sepeda motor ini walau dalam jarak yang lumayan jauh.

BACA JUGA  Pertama Kali Berlibur Ke Bali? Gunakan Jasa Sewa Mobil Dengan Supir Di Bali

Kelebihan Skuter Matic

– Nyaman dan gampang dipakai tanpa perlu menarik tuas kopling atau mengalihkan gigi.
– Ketersidaan unit dan spare part yang berlimpah.
– Mempunyai tehnologi – tehnologi yang lebih canggih dibanding type motor yang lain.

Kekurangan Skuter Matic

– Lebih boros dalam konsumsi bahan bakar, tetapi tidak seboros motor sport atau road bike.
– Beberapa skuter matic mempunyai dimensi yang kecil, hingga mempunyai tingkat konsistensi yang kurang.

Bukan hanya skuter matic dengan CC 100 – 150 yang dikeluarkan pabrikasi seperti Honda, Suzuki atau Yamaha, tetapi pabrikasi motor besar dan motor premium, seperti Piaggio, Ducati, dan Minerva ikut juga menghasilkan skuter matic dengan kemampuan mesin yang besar, di atas 250 CC

4. Cruiser

Cruiser sebagai tipe sepeda motor yang serupa dengan road bike, yang dibuat untuk menelusuri dan memotong jalanan. Sepeda motor cruiser umumnya identic dengan CC torsi yang besar sekali, tetapi dengan horse power yang condong kecil. Dengan memercayakan segi ergonomis yang nyaman, di mana tangan pembalap mempunyai status semakin tinggi dari tubuh, dan status injakan kaki yang condong selonjor.

Sepeda motor cruiser benar-benar pas untuk pengendara yang ingin tampil gagah dan santai sekalian. Umumnya sepeda motor tipe ini dijadikan koleksi untuk beberapa sedikit orang, walau harga dari sepeda motor ini termasuk cukuplah mahal tetapi tidak kurangi ketertarikan sedikitpun untuk mempunyai sepeda motor gagah ini.

Kelebihan Cruiser

– Gagah, dengan mesin ber CC dan bernada besar membuat anda berasa optimis saat memakainya.
– Sikap duduk yang paling nyaman untuk berkendaraan jauh
– Mempunyai feature – feature pertunjukan yang memikat

Kekurangan Cruiser

– Harag yang condong mahal.
– Spare part dan perawatan yang susah.
– Untuk ukuran motor ber CC besar, mempunyai horse power yang tidak sesuai dengan CC nya.

Pabrikasi yang menghasilkan motor tipe ini diantaranya Harley Davidson, Triumph, dan Honda, dan masih tetap ada beberapa merek populer yang lain yang dikuasai oleh pabrikasi asal dari Amerika.

5. Offroad

Disaksikan dari nama sepeda motor tipe ini, dapat ditegaskan jika motor tipe ini pas dipakai untuk pengendara yang hoby terjang jalanan berlumpur dan kotor. Dengan torsi besar dan berat yang relative enteng, motor ini selainnya jadi rekan dalam hadapi jalanan offroad juga bisa untuk menambahkan keyakinan diri pengendara.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto Bookstagram yang Bisa Anda Coba

Sepeda motor offroad biasanya dipakai untuk olahraga motor cross yang memicu adrenalin pengendara untuk memakai di beberapa halangan yang tidak seperti umumnya.

Kelebihan Motor Offroad

– Andal di medan berlumpur dan berpasir.
– Mempunyai torsi yang besar.
– Cukup nyaman jika dipakai pada jalanan beraspal.

Kekurangan Motor Offroad

– Perawatan yang lumayan mahal.
– Konsumsi bahan bakar yang condong boros.
– Status ergonomis yang tidak nyaman untuk berkendaraan jarak jauh.

Banyak pabrikasi yang membuat motor tipe offroad, untuk kepentingan gelaran kecakapan, atau untuk dipakai satu hari – hari. Sebutlah saja Kawasaki, KTM, Suzuki, Honda dan pabrikasi yang lain.

6. Sport

Motor sport sebagai salah satunya type motor yang banyak juga disukai beberapa pengendara sepeda motor. Motor sport mempunyai design bodi yang aerodinamis dan mempunyai garis yang tegas.

Motor tipe ini biasa dibuat untuk meraih horse power dan kecepatan yang optimal dengan CC yang minimum. Bisa dibuktikan, dengan CC sekitar 150 sampai 1400, type motor sport mendominasi daftar motor – motor terkencang yang berada di dunia.

Kelebihan Motor Sport

– Opsi pas untuk anda beberapa speed freaks, dengan output horse power yang optimal.
– Penampilan design yang memikat, aerodinamis, dan tegas.
– Status ergonomis yang nyaman saat berakselarasi.
– Spare part dan aksesori yang cukup berlimpah.

Kekurangan Motor Sport

– Tentunya boros dalam pemakaian bahan bakar.
– Akan terasa pegal saat memakai dalam waktu lama.
– Harga membeli yang cukup mahal.
– Spare part dan aksesori yang harga mahal.
– Tidak senang jika cuma dipakai di jalan raya, karena keadaan lalulintas dan batas kecepatan maksimal.

Sepeda motor ini umumnya sebagai bikinan motor Jepang dan Italia, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, Aprilia, Cagiva, dan ada banyak kembali beragam perushaan motor dengan merek terkenal yang konsentrasi pada pembikinan motor Sport ini.