Ketahui Tahap Daur Hidup Nyamuk Dari SehatQ

Nyamuk menjadi salah satu hewan yang menjadi musuh manusia terlebih jika sudah musim masuk hujan. Di musim penghujan, nyamuk lebih sering muncul di dalam rumah yang disebabkan oleh banyak hal salah satunya genangan air. Nyamuk bisa juga berbahaya jika yang muncul adalah jenis nyamuk aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah. Berbicara soal nyamuk tahukah Anda bahwa ada tahapan daur hidup nyamuk sebelum menjadi nyamuk secara utuh?

4 Tahap Daur Hidup Nyamuk

Berikut ini empat tahap daur hidup nyamuk yang wajib Anda ketahui.

1. Menjadi Telur

Tahapan hidup nyamuk dimulai dari tahapan pertama ketika hewan ini menjadi telur terlebih dahulu yang dikeluarkan oleh betina. Perlu diketahui bahwa nyamuk hanya kawin satu kali saja di dalam hidupnya dan telur yang dihasilkan adalah perkawinan antara nyamuk betina dan jantan lalu dimasukkan ke dalam air.

Tanpa adanya air, telur nyamuk tidak bisa menetas karena rusak. Perlu diketahui bahwa sekali bertelur nyamuk bisa mengeluarkan 300 telur sekaligus. Hewan ini juga tidak butuh waktu lama untuk menetas hanya perlu waktu 1 sampai 2 hari saja. Ukuran telur nyamuk sangat kecil kurang dari 1 mm dan tidak mudah terlihat apalagi terdeteksi oleh mata manusia.

2. Menjadi Jentik Nyamuk

Setelah menjadi telur dan menetas kini berubah menjadi jentik nyamuk. Jentik nyamuk bentuknya seperti benang hitam yang ukurannya sangat kecil. Sebelum masuk ke tahap kehidupan selanjutnya, jentik nyamuk berproses selama 8 sampai 10 hari. Jentik nyamuk akan berenang di dalam air kesana kemari dalam waktu tersebut.

BACA JUGA  Penawar Gusi Bengkak dan Cara Meredakannya

Jentik nyamuk memiliki makanan utama yaitu organisme air dan bisa juga sesama jentik nyamuk. Alat pernapasannya sendiri sangat unik karena menggunakan bagian ekor.

3. Menjadi Pipa

Setelah daur hidup nyamuk menjadi jentik nyamuk, kini saatnya berubah menjadi pupa. Pupa atau disebut kepompong umurnya 1 sampai 2 hari saja dan cara bernafasnya menggunakan tanduk thorakis. Prosesnya adalah ketika sayap nyamuk mulai terbentuk, maka pupa akan keluar dari air dan dalam waktu singkat punya keahlian untuk terbang.

Pada tahapan pupa ini sudah bisa diketahui jenis kelamin dari nyamuk.

4. Nyamuk Dewasa

Di tahapan terakhir masuk ke tahapan dimana nyamuk sudah menjadi hewan dewasa yang bisa berkembang biak. Nyamuk punya usia reproduksi yang sangat cepat hanya membutuhkan 1 sampai 2 hari saja jadi tidak heran populasinya juga sangat banyak. Populasi ini sangat meningkat memang karena kelangsungan daur hidupnya hanya dalam hitungan hari.

Nyamuk betina bisa bertahan hidup sangat singkat yaitu 42 hari sampai 56 hari saja. Kamu ternyata nyamuk jantan juga jauh lebih singkat yaitu selama 10 hari. Makanan utama nyamuk jantan adalah nektar bunga sedangkan nyamuk betina memakan darah makhluk hidup untuk melengkapi asupan protein telur.

Itu tadi beberapa tahapan daur hidup nyamuk yang wajib diketahui setiap orang. Nyamuk tentu saja sangat mengganggu apabila setiap hari muncul di dalam rumah dan menghisap darah manusia.

Apalagi nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah harus segera dibasmi. Dapatkan informasi penyakit, seputar kesehatan dan ilmu pengetahuan lainnya hanya lewat SehatQ. Ada banyak artikel informasi penting dengan informasi akurat yang bisa anda dapatkan lewat platform ini. Anda juga bisa dapatkan konsultasi gratis mengenai kekalahan penyakit dan juga dosis obat di SehatQ. Untuk mengunjunginya, bisa lewat website resmi di sehatq.com ataupun lewat aplikasi.

BACA JUGA  Penawar Gusi Bengkak dan Cara Meredakannya